alexa snippet

Pengamanan Jamaah Haji Difokuskan pada Tiga Titik

Pengamanan Jamaah Haji Difokuskan pada Tiga Titik
Ilustrasi jamaah haji. (Foto/M Iqbal Marsyaf/SINDOnews)
A+ A-
MEKKAH - Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel mengatakan, penyelenggaraan ibadah haji tahun ini adalah tantangan yang besar. Sebab jumlah jamaahnya sangat besar yakni 221.000 orang.

"Kuota kita dikembalikan dan ditambah 10.000 jamaah," kata Agus Maftuh Abegebriel didampingi Kepala Daerah Kerja Mekkah, Nasrullah Jasam saat menyambut jamaah di Hotel Yusuf Ali Nadziroh Mekkah, Minggu (13/8/2017) malam.

Karena itu, dia ingin memastikan bahwa keamanan jamaah haji terjamin saat melakukan prosesi haji, khususnya saat puncak haji. Sebelum menyambut kedatangan jamaah, dirinya menyempatkan diri untuk meninjau persiapan di Padang Arafah.

Agus pun bersyukur karena persiapan tenda yang masih berjalan ini sudah mencapai 95% guna menyambut jamaah haji Indonesia.

"Saya tadi juga sempat meninjau ke Arafah, karena haji tahun ini dalam tanda kutip pertaruhan kita. Sebab kuota terbesar dalam sejarah haji Indonesia, kalau (tahun) kemarin kita 168.000 langsung naik ke 221.000," bebernya.

Lebih lanjut dikatakan, saat meninjau persiapan di Padang Arafah pihaknya juga mengajak Atase TNI-Polri. Ini dilakukan untuk meninjau kesiapan menjaga keamanan jamaah haji saat wukuf.

"Tadi saya juga mengajak atase TNI kita dan atase Polri kita untuk memastikan security assessment, pengamanan-pengamanan yang harus kita lakukan pra-arafah ini. Kita harus memastikan di Arafah, Muzdalifah, Mina (Armina) di tiga titik ini jamaah kita 221.000 dalam keadaan aman," cetus Agus Maftuh.

Dari data Sistem Komputerisasi dan Informasi Haji Terpadu (Siskohat) PPIH, jamaah calon haji Indonesia yang sudah berada di Tanah Suci baik Mekkah maupun Madinah sebanyak 113.140 orang.

Sebanyak 900 jamaah haji asal kelompok terbang atau kloter 47 dan 49 dari embarkasi Surabaya (SUB 47 dan 49) tiba di Mekkah tadi malam. Setelah menempuh perjalanan sembilan jam dari Tanah Air menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi.

"Kedatangan jamaah haji Indonesia juga lancar. Alhamdulillah petugas-petugas juga bergerak yang mobile terpantau dengan bagus," kata Agus.



(maf)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top