Metode Belajar Online Dinilai Bantu Siswa Lulus SBMPTN

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 03:25 WIB
Metode Belajar Online Dinilai Bantu Siswa Lulus SBMPTN
Metode Belajar Online Dinilai Bantu Siswa Lulus SBMPTN
A A A
JAKARTA - Metode pembelajaran daring terbukti membantu siswa dalam meraih kelulusan pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Hasil kajian Quipper terhadap penggunanya yang menjadi peserta SBMPTN menunjukkan, mereka yang rutin belajar menggunakan media video terbiasa mengerjakan soal menggunakan sistem computer based test (CBT).

"Sebanyak 41% siswa pengguna quipper video lulus SBMPTN. Mereka terbiasa menggunakan metode berbasis komputer dan internet," kata Content Manager Quipper Indonesia, Pipit Indrawati melalui keterangan tertulisnya, Jumat (11/8/2017).

Jumlah kelulusan peserta SBMPTN pada 2017 sendiri cukup rendah, dari 797.738 pendaftar SBMPTN, hanya 148.066 peserta yang dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa baru di 85 perguruan tinggi negeri (PTN) atau secara nasional hanya 14%.

"Diduga ini karena mereka belum terbiasa dengan sistem CBT," jelas Pipit.

Pipit menambahkan, capaian memuaskan dari siswa yang belajar menggunakan video menurut dia dari 41% siswa Quipper yang lulus, 37% di antaranya masuk PTN kluster A seperti ITB, UGM, UI, IPB, UNBRAW, ITS, UNAIR, UNHAS, UNDIP, UNPAD, Andalas, dan UNS.

"Universitas tersebut selalu favorit dan konsisten mempertahankan posisi atas," pungkas Pipit.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0923 seconds (0.1#10.140)