Indonesia Perlu Ambil Peran Merespons Persoalan di ASEAN

Rabu, 09 Agustus 2017 - 11:01 WIB
Indonesia Perlu Ambil Peran Merespons Persoalan di ASEAN
Indonesia Perlu Ambil Peran Merespons Persoalan di ASEAN
A A A
JAKARTA - Menginjak usia ke 50 Tahun Perserikatan bangsa-bangsa Asia Tenggara atau Association of South East Asian Nation (ASEAN), harusnya jadi momentum bagi Indonesia, mengoptimalisasi perannya dalam ASEAN, lantaran negara kita merupakan salah satu pendirinya.

Anggota Komisi I DPR Sukamta mengatakan, sebagai salah satu pendiri ASEAN, Indonesia harusnya punya peluang memainkan peran yang lebih strategis dalam forum negara-negara Asia Tenggara.

"Saya kira Indonesia tetap yang paling berpengaruh di ASEAN, peran yang lebih aktif tentu akan mendorong kawasan Asia Tenggara memiliki stabilitas ekonomi, politik, dan keamanan yang kuat, ini penting untuk Indonesia," kata Sukamta, kemarin.

Menurut Sukamta, peran besar Indonesia secara substansial perlu didukung rancangan besar politik luar negeri. Selain itu, peran lebih besar akan tumbuh jika Indonesia terus meningkat kekuatan ekonomi, pertahanan, dan budayanya.

"Indonesia harus kuat agar ASEAN lebih berdaya menghadapi tantangan yang lebih serius, terutama perselisihan teritorial di Laut Cina Selatan yang menciptakan ketegangan di kawasan, serta persaingan geopolitik yang semakin ketat antara AS dan China," ungkapnya.

Sukamta mengingatkan, ada beberapa persoalan di internal ASEAN terkait konflik di Rohingya, instabilitas keamanan di Filipina Selatan, ancamam teroris, dan beragam persoalan perbatasan antar-negara. Hal ini membutuhkan solusi jangka panjang.

"Saya kira sangat bagus jika ASEAN Peacekeeping Force bisa segera diwujudkan, ini akan bisa diperbantukan atasi persoalan keamanan dan konflik yang terjadi," jelasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6632 seconds (0.1#10.140)