Karakter Bangsa Modal Utama Pembangunan Nasional

Selasa, 08 Agustus 2017 - 15:17 WIB
Karakter Bangsa Modal Utama Pembangunan Nasional
Karakter Bangsa Modal Utama Pembangunan Nasional
A A A
JAKARTA - Pembangunan karakter bangsa merupakan modal utama dalam mengantarkan pembangunan nasional sampai kepada tujuannya. Pidato Presiden pertama Indonesia, Soekarno ini dukutip Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani ketika memberikan kuliah umum.

Tema yang diangkat dalam kuliah umum itu mengenai Nasionalisme dan Patriotisme. Puan mengatakan, pembangunan nasional Indonesia sedang diarahkan untuk mempercepat kualitas hidup rakyat, peningkatan sektor unggulan dan pemerataan pembangunan antar wilayah.

"Keahlian saja tanpa dilandaskan pada jiwa yang besar, tidak mungkin mencapai tujuannya. Sekali lagi saya katakan mutlak perlunya, nation and character building," ujar Puan, Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Dia menuturkan, saat ini pemerintah menjadikan Gerakan Nasional Revolusi Mental sebagai agenda pembangunan strategis. Menurutnya, gerakan ini dilakukan sebagai upaya dalam membangun nation and character building. (Baca: Kasus Ketua Fraksi Nasdem, Viktor Laiskodat Mirip Ahok)

Dia menambahkan, pembangunan karakter bangsa selain ditempuh melalui pendidikan formal, keteladanan, kehadiran negara yang berwibawa, juga melalui praktik-praktik yang dapat memperkuat jiwa bangsa yang bermartabat, berkemajuan, dan bergotong royong. Dia berharap, melalui acara ini dapat memperluas kader-kader bangsa yang bermartabat, berkemajuan, dan berjiwa gotong-royong.

"Selamat menimba ilmu di sini, karena kawah candradimuka yang sebenarnya adalah saat kita terjun langsung di lapangan," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2802 seconds (0.1#10.140)