Global Qurban ACT Ajak Indonesia Berqurban Terbaik untuk Dunia

Selasa, 08 Agustus 2017 - 09:40 WIB
Global Qurban ACT Ajak Indonesia Berqurban Terbaik untuk Dunia
Global Qurban ACT Ajak Indonesia Berqurban Terbaik untuk Dunia
A A A
JAKARTA - Idul Adha menjadi momen yang ditunggu-tunggu seluruh muslim di dunia. Antusias ritual kurban menjalar, mulai dari penyedia hewan kurban, pekurban, hingga penerima manfaat. Kebahagiaan berkurbandari Indonesia untuk duniasenantiasa terekam dalamenam tahun kiprah Global Qurban - Aksi Cepat Tanggap dalam menyalurkan amanah para pekurban.

Pelosok-pelosok Indonesia disapa, tak ketinggalanwarga mancanegarayang masih hidup dalam bayang-bayang konflik kemanusiaan.Selain mengajak umatmeraih takwa, ibadah kurban jugamenebarkan kebahagian untuk semua. Tanpa disadari, kebahagiaan berkurban menyatukan serta mengeratkan rasa kasih sayang di antara mereka yang tak saling mengenal.

Bisa dibilang suasana inilah yang tengah dirindukan oleh bangsa Indonesia, di manakemajemukan masyarakatnyasedang diuji. Dengan semangat menyatukan bangsa, tahun ini Global Qurban mengusungtema “Indonesia Berqurban”. ''Program ''Indonesia Berqurban” akan mengajak masyarakat Indonesia untuk bersatudalam kebahagiaan kurban yang universal,''kata Vice PresidentACTRini Maryani.

Dia menambahkan, gerakan "Indonesia Berqurban" diharapkan mampumeredam pelbagai isu disintegrasi bangsa yang tengah menghantui Indonesia saat ini.“Ancaman disentegrasi bangsa tengah menghantui negara majemuk ini. Oleh karena itulah, GQ tahun ini mengangkat isu kebangsaan dengantema ''Indonesia Berqurban”. Selain itu, momen persiapan pelaksanaan Global Qurban yang beriringan dengan hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus juga menjadi latar belakang kami memilih tema tersebut,” terangnya.

Rini sangat optimisprogram kurban GQ bisa menyatukan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat. Dengan demikian,Indonesia bisa berbuat banyak dan menjadi bangsa yang besar. Implementasi Program GQ di sejumlah negara selalu membawa bendera Indonesia, sehingga GQ sejatinya adalah duta kemanusiaan Indonesia untuk masyarakat dunia.

"Program-programglobalACTseperti Global Qurban danKapal Kemanusiaan selalu mengatasnamakan bangsa Indonesia. Bendera Indonesia selalu dikibarkanACTsaat misi kemanusian dijalankan,” tegasnya.

Rini mengungkapkan, program GQ memiliki cakupan dan sasaran implementasi yangpaling luas dibanding dengan program-program kemanusiaanACTlainnya. “Program Global Qurban menyasar sejumlah negara di dunia. Sementara itu,Program Kapal Kemanusiaanbaru menyasarsejumlah wilayah terdampak bencana kelaparan sepertiAfrika dan Yaman. Ini artinya GQ bisa menyatukan dan 'mengemas' warga Indonesia dalam berbagi kepedulian terhadap umat di dunia. Insya Allah program inirahmatan lil’alamin,” tuturnya.

Tahun lalu, GQ sukses mendistribusikan hewan kurban ke seluruh penjuru Indonesia serta 31 negara lainnya. Tahun ini, GQ masihakan menyapa seluruh provinsi di Indonesia sekaligus 40 negara pra-sejahtera dan yang terpapar konflik kemanusiaan.

Setiap tahunnya, GQ terus mengalami peningkatan yang siginifikan. Peningkatan terjadi karena pemahaman dan kesadaran masyarakat muslim Indonesia tentang ibadah kurban terus berkembang. Selain itu, para pekurban yang berkurban di GQ semakin percaya dengan lembaga ini dengan inovasi-inovasi yang dijalankan, profesionalitas, serta transparansinya.

Tak hanya itu, jumlah hewan kurban yang didistribusikan oleh GQ terus mengalami peningkatan. Tahun 2012, GQ berhasil mendistribusikan 2.580 ekor setara kambing. Sementara setahun setelahnya, jumlah tersebut melonjak hingga 3.508 ekor. Angka inisemakin meningkat tiap tahunnya, yakni 5.008 ekor pada 2014, 10.526 ekor pada 2015,dan 16.574 ekor pada 2016.

Peningkatan jumlah hewan kurban tersebut secara otomatismenambah total pemetik manfaat dari program ini. Tahun 2012, GQmampu menebar kebahagiaan kurban kepada129.000 warga pra-sejahtera serta korban bencana alam dan kemanusiaan. Sementara tahun lalu, angka tersebut melambunghingga 1.442.290 penerima manfaat di seluruh dunia.Inilah Indonesia, dengan kepedulian masyarakatnya yang majemuk, mampu mengantarkan kebahagiaan berkurban hingga ke belahan dunia lainnya. Dengan semangat yang sama, Insya Allah, tahun ini, satu ''Indonesia berkurban'' terbaik untuk dunia.
(aww)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5117 seconds (0.1#10.140)