alexametrics

Pencairan Dana Kartu Indonesia Pintar Dipercepat Melalui Perbankan

loading...
Pencairan Dana Kartu Indonesia Pintar Dipercepat Melalui Perbankan
Presiden Jokowi memberikan sambutan saat membagikan bantuan sosial berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kartu Indonesia Sehat (KIS), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Makanan Tambahan (PMT) di Taman Pandawa, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa
A+ A-
BOGOR - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mempercepat proses pencairan Kartu Indonesia Pintar (KIP) melalui perbankan. Penyaluran KIP ini akan dilakukan bertahap agar tepat sasaran.

Direktur SMP Kemendikbud Supriano mengatakan, tahun lalu pencairan KIP masih berbentuk tunai. Tahun ini pencairannya akan dilakukan secara menyeluruh melalui perbankan sehingga setiap siswa akan menerima uang dalam bentuk tabungan.

Secara akumulatif penerima KIP seluruh Indonesia dari tingkat sekolah menengah berjumlah 4,3 juta siswa. Sebanyak 2,5 juta sudah disalurkan melalui rekening-rekening penerima, sedangkan sisanya akan disalurkan secara bertahap hingga tahun ini.

‘’Dari angka 2,5 juta, kami menargetkan hingga pertengahan Agustus ini, sekitar 1 juta penerima KIP sudah menerima pemanfaatannya atau sudah diambil,’’ katanya di SMPN 4 Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/8/2017).

Supriano menjelaskan, setiap tahun penerima mendapatkan Rp750.000 dan dapat dicairkan melalui bank. Menurut dia, semua penerima KIP bisa mengambil uang secara bertahap sesuai kebutuhan.

Dia mengingatkan penerima KIP agar tidak boros. Menurut dia, siswa bisa memanfaatkan dana KIP untuk menabung agar memiliki dana cadangan ketika tiba-tiba membutuhkan dana.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bogor, Sugiana menambahkan, akan berkoordinasi dengan sekolah dan kelurahan-kelurahan untuk memastikan pemanfaatan KIP dapat tepat sasaran sehingga uang yang merupakan hak anak tidak dipergunakan orang tua.
halaman ke-1 dari 3
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top