Beda Arti, Mana yang Benar Tulisan Husnul Khatimah atau Khusnul Khatimah?

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 09:54 WIB
loading...
Beda Arti, Mana yang Benar Tulisan Husnul Khatimah atau Khusnul Khatimah?
Ternyata ada perbedaan arti yang sangat besar dari kata husnul khatimah dan khusnul khatimah, umat Islam dianjurkan tidak salah dalam menggunakannya. Foto ilustrasi/youtube
A A A
Ternyata beda arti, mana yang benar tulisan husnul khatimah atau tulisan khusnul khatimah? Pertanyaan ini sering muncul dan penting diketahui umat muslim agar tidak salah dalam penggunaan kalimatnya.

Sebelum membahas mana kata yang benar, kata khusnul atau husnul biasanya diucapkan untuk menyampaikan duka ketika ada orang yang meninggal.
Contoh kalimatnya adalah "semoga khusnul khotimah" atau "semoga husnul khotimah".

Jika merujuk KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata khusnul atau husnul memang tidak ditemukan karena merupakan kata dari bahasa Arab. Sedangkan menurut Nahdlatul Ulama, ormas Islam terbesar ini menjelaskan bahwa jika merujuk pada bahasa Arab, memang ada perbedaan antara kata khusnul dengan husnul.

Pasalnya, kata khusnul (خسن) dengan huruf kho (خ) bermakna "hina" atau "buruk". Kata ini jarang atau hampir tidak pernah dipakai, apalagi disandingkan dengan kata khotimah (الخاتمة).

Jadi, jika menyebut "khusnul khotimah", maka artinya adalah "akhir yang hina". Kalimat ini merupakan doa yang tidak baik, karena dimaksudkan untuk menyebut atau mendoakan orang yang sudah meninggal memiliki akhir yang hina.

Sementara itu, penulisan yang benar untuk menyebut "akhir yang baik" adalah husnul khotimah (حسن الخاتمة) dengan huruf ha (ح). Husnul khotimah memiliki arti "akhir yang baik".

Arti Khusnul Khotimah dan Husnul Khotimah

Dari penjelasan bahasa di atas, maka arti khusnul khotimah dan husnul khotimah sangat berbeda. Khusnul memiliki arti hina, sedangkan husnul memiliki arti baik.

Karenanya, sebagai umat Islam harus berhati-hati ketika mengucapkan kata tersebut sebagai kalimat doa, karena memiliki arti yang berbeda. Arti khusnul khotimah kerap kali diasumsikan sebagai meninggal dalam keadaan baik. Padahal, itu tidak benar. Arti khusnul khotimah adalah sebuah akhir yang hina.

Sedangkan Husnul khotimah artinya yaitu sebuah akhir yang baik. Husnul diambil dari kata hasan yang artinya baik. Khotimah sendiri memiliki arti yaitu sebuah akhir. Jadi, husnul khotimah memiliki arti sebuah akhir yang baik. Maknanya adalah sebuah kematian yang berakhir dalam kondisi yang baik alias diridhai Allah SWT.

Dalam ajaran Islam, kedua istilah tersebut merujuk pada akhir hidup seseorang. Bedanya, khusnul khotimah merujuk pada seorang Muslim yang meninggal dalam keadaan hina, sedangkan husnul khotimah merupakan kondisi meninggal dunia dengan keadaan yang baik. Demikian, semoga bermanfaat.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2675 seconds (0.1#10.140)