10 Film Sejarah Nge-Hits yang Paling Enggak Akurat

Kamis, 12 Oktober 2023 - 19:11 WIB
loading...
10 Film Sejarah Nge-Hits yang Paling Enggak Akurat
Film sejarah populer tidak selamanya bisa dijadikan acuan referensi. Faktanya, banyak di antara mereka yang tidak akurat dan malah berusaha membelokkan sejarah. (Foto: Syfy)
A A A
Film sejarah memang diangkat dari fakta sejarah yang ada. Sedikit dramatisasi diperlukan untuk efek emosional terhadap penonton. Tapi, tidak semua film sejarah itu bisa diandalkan karena banyak yang tidak akurat.

Faktanya, sejumlah film sejarah yang populer dan memenangkan penghargaan bergengsi malah mengandung banyak ketidakakuratan. Beberapa di antaranya menyingkirkan fakta yang sebenarnya dan mengubahnya untuk membuat karakter yang ditonjolkan jadi terlihat seperti pahlawan. Film-film ini sama sekali tidak bisa dijadikan acuan untuk fakta sejarah.

Ketidakakuratan itu akhirnya menimbulkan kontroversi, tidak hanya di kalangan penonton tapi juga pemerintahan. Sejumlah pihak bahkan langsung melayangkan keluhan dan kecaman resmi terhadap film yang bukannya meluruskan tapi malah membelokkan sejarah itu. Ini amat disayangkan. Terlebih, banyak film yang dibelokkan demi memperlihatkan betapa baiknya Amerika Serikat. Apa saja film sejarah populer yang paling tidak akurat? Simak ulasannya berikut!



10. The Greatest Showman ā€” 2017

10 Film Sejarah Nge-Hits yang Paling Enggak Akurat

Foto: Panhandle PBS

The Greatest Showman dibintangi Hugh Jackman. Film ini berkisah tentang PT Barnum yang meluncurkan sirkus Barnum & Bailey dari awal yang sederhana. Tontonan menawan ini sarat kemenangan dan pentingnya kemandirian serta harta diri ketika orang-orang di sirkus itu menemukan tempat mereka.

Faktanya, Barnum bukanlah orang yang baik hati seperti digambarkan di film tersebut. Dia dikenal mata duitan dan memanfaatkan peluang apa pun untuk menarik perhatian. Dia juga dikenal kejam terhadap orang-orang yang dia pekerjakan di sirkus tersebut. Film itu dianggap membuat Barmum terlihat lebih baik dari aslinya.

9. Pocahontas ā€” 1995

10 Film Sejarah Nge-Hits yang Paling Enggak Akurat

Foto: Vogue France

Pocahontas adalah salah satu animasi klasik Disney yang terlalu diromantisasi. Di versi ini, Pocahontas bertemu dan jatuh cinta pada Kapten Inggris bernama John Smith, pemukim yang ingin menaklukkan dunia. Pocahontas mempertaruhkan segalanya demi menyelamatkan nyawa kapten itu dan menjaga perdamaian antara suku Algonquin-nya dan orang Inggris.

Faktanya, Pocahontas masih kecil ketika John tiba. Dia kemudian menikahi pria lain sebelum sekarat ketika masih berusia 22 tahun. Yang lebih mengejutkan lagi nama aslinya adalah Amonute. Pocahontas adalah nama panggilannya yang berarti ā€œyang suka bermain-mainā€ atau bahkan ā€œanak nakal.ā€

8. Pearl Harbor ā€” 2001

10 Film Sejarah Nge-Hits yang Paling Enggak Akurat

Foto: The Spokesman-Review

Serangan di Pearl Harbor pada 7 Desember 1941 adalah momen menyakitkan dalam sejarah Amerika. Pada 2001, Michael Bay merilis versi filmnya yang dibintangi Ben Affleck, Jennifer Garner, dan Alec Baldwin. Tapi, film ini dikenal sangat tidak akurat dan punya sedikit kaitan dengan realitas yang terjadi, kecuali serangan tersebut.

Di film, setelah selamat dari pemboman itu, pahlawan fiktif Danny dan Rafe dikirim ke Tokyo untuk mengebom kota itu. Padahal, faktanya, tidak ada yang dikirim ke sana. Film itu juga menampilkan pesawat Jepang yang menembaki warga sipil dan sebuah rumah sakit, yang mana tidak benar. Tapi, kegagalan sejarah terbesarnya adalah ketika Presiden Roosevelt berdiri dari kursi rodanya untuk membuat pidato dramatis, yang membuat orang kaget.

7. The Imitation Game ā€” 2014

10 Film Sejarah Nge-Hits yang Paling Enggak Akurat

Foto: Rolling Stone

The Imitation Game berlatar pada Perang Dunia II. Film ini disutradarai Morten Tyldum dan dibintangi Benedict Cumberbatch sebagai Alan Turing, tokoh nyata ahli matematika dan pemecah kode. Dia memecahkan kode pesan intelijen Jerman untuk membantu pemerintah Inggris setelah menemukan mesin elektromekanis bernama The Christopher, yang diambil dari nama teman masa kecilnya.

Faktanya, The Christopher sebenarnya disebut Victory. Mesin itu dibuat sebagai hasil dari usaha tim dengan sejumlah mesin selama bertahun-tahun. Penemuan itu melibatkan analis kode Polandia bernama Marian Rejewski dan juga ahli matematika bernama Gordon Welchman. Dalam kehidupan nyata, Alan jauh lebih ramah dan humoris ketimbang yang digambarkan di film itu. Selain itu, tidak ada bukti konklusif kalau dia bunuh diri.

6. U-571 ā€” 2000

10 Film Sejarah Nge-Hits yang Paling Enggak Akurat

Foto: MUBI

U-571 adalah film tentang kru kapal selam AS yang pada 1942 yang berusaha mencuri mesin misterius dari U-Boat Jerman pada Perang Dunia II. Film ini dipenuhi banyak ketidakuratan. Misi di film itu sepertinya diangkat dari cerita Operasi Primrose, di mana kapal selam Jerman U-110 menyerang konvoi Sekutu. Ketika kapal selam Jerman itu rusak dan naik ke permukaan, kapal Inggris HMS Bulldog menaikinya dan mengambil semua kertas coding yang bisa termasuk mesin misterius itu.

Masalahnya adalah Inggris sudah punya mesin itu pada titik tersebut, apalagi pada 1942. Negara itu juga sudah memecahkan kodenya hampir setahun sebelum latar film tersebut dan 7 bulan sebelum AS ikut perang. Banyaknya ketidakakurasian ini, termasuk tanggal, misi asli, dan kebangsaannya, sudah cukup membuat Perdana Menteri Inggris saat itu, Tony Blair, mengecam film itu di parlemen. Dia menyebutnya sebagai pelecehan terhadap Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

5. The Last Samurai ā€” 2003

10 Film Sejarah Nge-Hits yang Paling Enggak Akurat

Foto: The Hollywood Reporter
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)