BKSAP DPR Sesalkan Sikap PBB Soal Kekerasan Israel di Al-Aqsa

Selasa, 25 Juli 2017 - 14:40 WIB
BKSAP DPR Sesalkan Sikap PBB Soal Kekerasan Israel di Al-Aqsa
BKSAP DPR Sesalkan Sikap PBB Soal Kekerasan Israel di Al-Aqsa
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antarparlemen Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (BKSAP DPR) Rofi Munawar menyesalkan tindakan Israel yang semakin menjadi-jadi di Kompleks Masjid Al-Aqsa, Palestina.

Meski Masjid Al-Aqsa sudah dibuka kembali secara bertahap untuk umum 16 Juli 2017, namun pengamanan yang dilakukan berlebihan atau melampaui batas untuk warga Palestina yang hendak beribadah. Kebijakan terbaru dengan memasang CCTV dan metal detector.

Belakangan, Israel akhirnya membongkar alat metal detector di sekitar Masjid Al-Aqsa setelah menerima banyak protes.

"Pihak Israel pascakejadian penembakan polisi seakan punya beribu alasan untuk membatasi dan bahkan melakukan tindakan kekerasan kepada warga Palestina yang hendak beribadah di Mesjid Al-Aqsa," kecam Rofi Munawar dalam keterangan pers yang diterima SINDOnews, Selasa (25/7/2017). (Baca Juga: Kecam Pembatasan Ibadah di Al-Aqsa, Jokowi Minta PBB Bersidang)

Menurut anggota DPR dari Jawa Timur ini, Israel alih-alih meminta maaf dan bertanggung jawab atas penembakan mufti besar Imam Masjid Al Aqsha, saat ini justru melakukan tindakan-tindakan yang kontraproduktif dalam upaya mencari usaha damai.

"Kebijakan pembatasan yang berlebihan sejatinya akan semakin menumbuhkan konflik yang berkepanjangan dan membawa kondisi krisis di Al-Aqsa semakin memburuk," ucap Rofi.

Menurut dia, sikap Israel pada dasarnya telah melanggar kedaulatan masyarakat Palestina untuk beribadah karena telah membatasi dengan semena-mena akses menuju Masjid Al-Aqsa.

Rofi juga menyesalkan lambannya sikap tegas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap rangkaian kekerasan yang dilakukan oleh pihak Israel dalam kurun waktu satu bulan ini.

"Sikap PBB ini sangat disayangkan dan secara pasti kondisi tersebut semakin meneguhkan posisi Israel yang sewenang-wenang," kata Rofi.

Terakhir, dirinya mendorong komunitas internasional untuk berperan aktif dalam mewujudkan kondisi kondusif di Mesjid Al-Aqsa.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0004 seconds (0.1#10.140)