Tips agar Jamaah Haji Tidak Mudah Tersesat di Tanah Suci

Selasa, 25 Juli 2017 - 13:08 WIB
Tips agar Jamaah Haji Tidak Mudah Tersesat di Tanah Suci
Tips agar Jamaah Haji Tidak Mudah Tersesat di Tanah Suci
A A A
JAKARTA - Setiap musim haji, jamaah haji selalu dihadapkan pada masalah yang sama. Hal itu dinilai wajar, mengingat hampir 100% jamaah haji yang diberangkatkan belum pernah melaksanakan prosesi haji.

Karena itu, Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara, Arsyad Hidayat meminta jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun ini, supaya memerhatikan sejumlah masalah yang sering menimpa jamaah haji.

Antara lain, kejadian yang masih banyak dialami jamaah pada saat di Makkah. Pada saat kedatangan, jamaah haji sering kesasar setelah melaksanakan umrah kedatangan.

"Hal ini dapat dihindari jika jamaah terus bergabung dengan rombongannya. Lalu melakukan orientasi sebelum berangkat ke Masjidil Haram. Memastikan tempat pada saat masuk ke dalam masjid, seperti jalan, nomor bus, ciri hotel, ciri pintu masuk masjid, dan lainnya," saran Arsyad, Selasa (25/7/2017).

(Baca juga: PPIH Pastikan Akomodasi, Katering, dan Transportasi Sudah Siap)

Jika tetap kesasar lanjut dia, diupayakan jamaah tetap tenang dan mau bertanya kepada petugas terdekat baik di masjid, terminal, atau petugas yang mobile. Dia pun meminta jamaah selalu mengenakan kelengkapan identitas, sehingga memudahkan petugas membantunya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9073 seconds (0.1#10.140)