KPAI:Orang Tua Wajib Upgrade Kemampuan Mengasuh Anak

Sabtu, 22 Juli 2017 - 14:51 WIB
KPAI:Orang Tua Wajib Upgrade Kemampuan Mengasuh Anak
KPAI:Orang Tua Wajib Upgrade Kemampuan Mengasuh Anak
A A A
JAKARTA - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasa Putra menyebutkan, persoalan anak, termasuk kekerasan anak, tak lepas dari minimnya pengetahuan orang tua tentang pengasuhan. Maka itu, masyarakat harus meningkatkan pemahamannya tentang pengasuhan anak.

"Soal pengasuhan, sebenarnya Indonesia punya tradisi lama, seperti di Sumatra Barat, saat ada anak terlantar, ada keluarga kedua yang mengasuhnya, di Jawa dan Sunda juga begitu," ujarnya saat berbicara dalam diskusi Polemik SINDOTrijaya FM bertajuk Berpihak pada Anak di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (22/7/2017).

Berdasarkan survei yang dilakukan KPAI, permasalahan anak kerap terjadi karena minimnya pengetahuan orang tua tentang pengasuhan. Sangat minim calon pengantin yang hendak berkeluarga memahami tentang bagaimana cara mengasuh anak. "Maka yang terjadi saat sudah memiliki anak, anak kurang perhatian dengan alasan sibuk bekerja," tuturnya.

Maka itu, kata dia, orang tua sejatinya harus mengupgrade pemahamannya tentang pengasuhan anak sehingga anak bisa nyaman dengan orang tuanya. Anak bisa merasa orang tuanya merupakan teman sekaligus keluarganya.
"Anak-anak akan jadi orang dewasa tapi dia tak bisa bersaing bila idtak ada pemahaman tentang pengasuhan anak yang baik. Kita harus hadirkan anak yang kita lindungi, anak yang punya mutu nasional dan internasional," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3165 seconds (0.1#10.140)