Perbandingan Rhodium Vs Emas, Logam Langka di Dunia

Selasa, 10 Oktober 2023 - 23:00 WIB
loading...
Perbandingan Rhodium Vs Emas, Logam Langka di Dunia
Harga rhodium cukup fantastis, mencapai USD 10.300 per ons. (Foto: Rocket CDN)
A A A
JAKARTA - Perbandingan rhodium dan emas penting untuk diketahui lantaran kedua jenis logam ini langka dan memiliki harga mahal.

Harga rhodium cukup fantastis, mencapai USD 10.300 per ons, berkali-kali lipat ketimbang emas. Selain soal harga masih banyak hal lain yang membedakan emas dan rhodium, apa saja?

Berikut perbangingan rhodium vs emas dirangkum dari berbagai sumber, Senin (9/10/2023).

1. Bentuk dan Warna

Rhodium dan emas memiliki warna berbeda. Emas berwarna kuning, sementara rhodium berwana putih keperakan. Dari sisi bentuk keduanya juga berbeda. Emas cenderung cair sementara rhodium padat.

Emas adalah logam transisi dan unsur golongan 11. Unsur kimia ini paling tidak reaktif dan berbentuk padat dalam kondisi standar. Sementara rhodium merupakan unsur Kimia dengan lambang Rh. Rhodium mempunyai nomor atom 45, massa atom 102,9055. Dalam tabel periodik, rhodium termasuk golongan transisi. Konfigurasi elektronnya, [Kr] 4d85s1.


2. Asal Muasal

Emas diperkirakan dihasilkan dalam nukleosintesis supernova, dari tumbukan bintang neutron. Emas sudah menjadi bahan perhiasan bangsa Mesir sejak tahun 2000 SM. Kemudian pada abad ke-19, emas sudah menjadi acuan nilai mata uang.

Sementara rhodium ditemukan oleh William Hyde Wollaston pada 1803 setelah mengekstraksi unsur tersebut dari bijih platinum yang diperoleh dari Afrika Selatan. Rhodium terdapat di sekitar 0,0002 bagian per juta kerak bumi. Rhodium ditemukan dalam bentuk bebas di alam, serta paduannya dengan emas dan logam lain dari kelompok platinum. Rhodium juga terdapat dalam bentuk mineral seperti rhodplumsite dan bowieite.

3. Tahan lama

Baik emas dan rhodium merupakan logam mulia yang mampu bertahan lama dan tahan korosi. Lantaran itu emas sering digunakan sebagai perhiasan dan rhodium dipakai sebagai pelapis logam lain.

4. Harga

Harga rhodium dua kali lipat atau lebih mahal dari emas tergantung pasar. Perhiasan emas murni lebih mahal daripada perhiasan berlapis rhodium, namun keduanya berkualitas tinggi.


5. Kegunaan

Dikutip dari Properties.id, rhodium mayoritas dipakai sebagai katalis dalam konverter katalitik tiga arah pada mobil. Karena logam rhodium bersifat inert terhadap korosi dan sebagian besar bahan kimia agresif, dan karena kelangkaannya, rhodium biasanya dicampur dengan platinum atau paladium dan diaplikasikan pada lapisan tahan suhu tinggi dan korosi. Dalam reaktor nuklir, detektor berbasis rhodium sering digunakan untuk pengukuran fluks neutron inti.

Sementara emas digunakan secara luas untuk perhiasan, baik dalam bentuk murni atau sebagai paduan. Sekitar 75 persen dari seluruh emas yang diproduksi digunakan dalam industri perhiasan.

Emas murni terlalu lunak untuk menahan tekanan yang diterapkan pada banyak barang perhiasan. Para pengrajin mengetahui bahwa memadukan emas dengan logam lain seperti tembaga, perak, dan platinum akan meningkatkan daya tahannya.

Istilah 'karat' menunjukkan jumlah emas yang ada dalam suatu paduan. 24 karat adalah emas murni, namun sangat lembut. Paduan emas 18 dan 9 karat biasa digunakan karena lebih tahan lama. Kelenturan, keuletan, ketahanan terhadap korosi dan sebagian besar reaksi kimia lainnya, serta konduktivitas listrik yang tinggi dari emas telah menyebabkan emas terus digunakan dalam konektor listrik tahan korosi di semua jenis perangkat komputer.

Emas juga digunakan dalam pelindung inframerah, produksi kaca berwarna, pembuatan daun emas, dan restorasi gigi. Hanya 10 persen dari konsumsi emas baru yang diproduksi dunia digunakan untuk industri, namun sejauh ini penggunaan emas baru dalam industri yang paling penting adalah dalam pembuatan konektor listrik bebas korosi pada komputer dan perangkat listrik lainnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3180 seconds (0.1#10.140)