Visa Jamaah Haji Gelombang Pertama Dijanjikan Selesai Pekan Ini

Rabu, 19 Juli 2017 - 16:24 WIB
Visa Jamaah Haji Gelombang Pertama Dijanjikan Selesai Pekan Ini
Visa Jamaah Haji Gelombang Pertama Dijanjikan Selesai Pekan Ini
A A A
JAKARTA - Persiapan Kementerian Agama (Kemenag) menjelang keberangkatan jamaah haji kelompok terbang (kloter) gelombang pertama semakin baik. Hal ini ditunjukkan dari banyaknya dokumen paspor dan visa jamaah haji yang sudah tuntas.

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nur Syam mengatakan, pengurusan visa untuk jemaah haji Indonesia yang diberangkatkan pada gelombang pertama akan selesai pada pekan ini. Keyakinan itu makin bertambah karena dalam satu hari jumlah visa yang bisa diselesaikan mencapai 10.000 visa.

“Kita bersyukur sampai tanggal 18 (Juli 2017) sore, jumlah visa yang sudah selesai mencapai 81.497. Jadi masih kurang beberapa ribu lagi untuk jamaah gelombang pertama dan itu kami pastikan selesai pada pekan ini juga,” ujarnya yakin seusai menutup Pembekalan Media Center Haji 2017 di Kantor Kemenag Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Dia menyebutkan, total ada lebih dari 102.000 jamaah yang akan diberangkatkan pada gelombang pertama. Mereka diberangkatkan mulai tanggal 28 Juli–11 Agustus mendatang.

Terkait hal ini, Nur Syam juga mengingatkan jajarannya agar memastikan kloter-kloter awal yang akan mulai diberangkatkan pada pekan depan sudah fix persiapannya. “Kloter satu sampai lima harus fix soal visa, jangan sampai ada seat kosong,” pinta Nur Syam.

Mantan Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya tersebut menambahkan, paspor yang saat ini sudah diterima Ditjen PHU untuk diproses visanya mencapai 189.191. Secara bertahap, paspor yang sudah masuk ini diteruskan ke Kedutaan Besar Arab Saudi untuk diproses visanya.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Kanwil (masing-masing provinsi) untuk mempercepat proses ini. Kami berharap bisa diselesaikan pada waktunya sehingga tidak lagi ada masalah,” tukasnya.

Kuota jemaah haji reguler Indonesia tahun ini berjumlah 204.000 orang. Mereka akan diberangkatkan dalam dua gelombang. Gelombang pertama diberangkatkan menuju Madinah. Sedang gelombang kedua diberangkatkan menuju Jeddah untuk kemudian ke Makkah. Pemberangkatan gelombang kedua berlangsung mulai 12–26 Agustus 2017.

Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji M Sofwan mengutarakan, proses penerbitan visa terus dilakukan oleh tim Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah sampai selesai semua. “Proses pengurusan visa itu sendiri mensyaratkan informasi lengkap terkait paket layanan yang akan diterima jamaah selama di Saudi. Ini yang juga harus kami siapkan, sehingga pengurusan visa dilakukan secara beratahap,” imbuh Sofwan.

Disinggung soal potensi keterlambatan visa seperti dua tahun lalu, Sofwan optimistis tahun ini semuanya berjalan sesuai jadwal. “Saya harap visa sudah selesai semua sebelum masa operasional pemberangkatan berakhir sehingga jamaah bisa diberangkatkan sesuai jadwal,” pungkasnya.

"Untuk Jakarta dan Banten sudah aman. Yang buat lama adalah ada daerah-daerah yang maju mundur. Awalnya di gelombang pertama, ternyata belakangan gelombang kedua. Dan sebaliknya," ucapnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3082 seconds (0.1#10.140)