Kapal Selam Tipe 096 yang Dikembangkan China Jadi Mimpi Buruk bagi AS, Mengapa?

Selasa, 10 Oktober 2023 - 04:59 WIB
loading...
Kapal Selam Tipe 096 yang Dikembangkan China Jadi Mimpi Buruk bagi AS, Mengapa?
China terus mengembangkan kapal selam yang canggih dan mampu mengalahkan AS. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - Perlombaan senjata kapal selam semakin intensif ketika China memulai produksi kapal selam bersenjata nuklir generasi baru. Itu untuk pertama kalinya diperkirakan akan menimbulkan tantangan bagi upaya AS dan sekutu yang semakin meningkat untuk melacak kapal selam tersebut.

Para analis dan atase pertahanan regional mengatakan semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa China berada di jalur yang tepat untuk mengoperasikan kapal selam rudal balistik Tipe 096 sebelum akhir dekade ini, dengan terobosan dalam ketenangan kapal selam tersebut sebagian dibantu oleh teknologi Rusia.

Berikut adalah 7 alasan kenapa kapal selam Tipe 096 yang dikembangkan China menjadi mimpi buruk bagi AS.

1. Memiliki Teknologi Siluman Terbaik di Dunia

Kapal Selam Tipe 096 yang Dikembangkan China Jadi Mimpi Buruk bagi AS, Mengapa?

Foto/Reuters

Penelitian yang dibahas pada konferensi pada bulan Mei di US Naval War College dan diterbitkan pada bulan Agustus oleh China Maritime Studies Institute di perguruan tinggi tersebut memperkirakan bahwa kapal-kapal baru akan jauh lebih sulit untuk diawasi. Kesimpulan tersebut dapat dipercaya, menurut tujuh analis dan tiga atase militer yang berbasis di Asia.

“Pesawat Type 096 akan menjadi mimpi buruk,” kata pensiunan awak kapal selam dan analis intelijen teknis angkatan laut Christopher Carlson, salah satu peneliti, dilansir Reuters. "Mereka akan sangat, sangat sulit dideteksi."


2. Memiliki Rudal Balistik Bertenaga Nuklir

Upaya diam-diam untuk melacak kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir dan bersenjata China, yang dikenal sebagai SSBN, adalah salah satu pendorong utama peningkatan pengerahan dan perencanaan darurat oleh Angkatan Laut A.S. dan militer lainnya di kawasan Indo-Pasifik. Dorongan itu diperkirakan akan meningkat ketika Type 096 memasuki layanan.

Angkatan Laut China secara rutin melakukan patroli pencegahan nuklir bersenjata lengkap dengan kapal Tipe 094 yang lebih tua di Pulau Hainan di Laut China Selatan. Demikian laporan Pentagon pada bulan November, mirip dengan patroli yang dilakukan selama bertahun-tahun oleh Amerika Serikat, Inggris, Rusia, dan Prancis.

Namun Tipe 094, yang membawa rudal JL-3 yang diluncurkan dari kapal selam tercanggih China, dianggap relatif berisik dan merupakan hambatan besar bagi kapal selam militer.

3. Didesain dan Dikembangkan selama 50 Tahun

Kapal Selam Tipe 096 yang Dikembangkan China Jadi Mimpi Buruk bagi AS, Mengapa?

Foto/Reuters

Makalah ini mencatat bahwa kapal selam Tipe 096 akan dibandingkan dengan kapal selam Rusia yang canggih dalam hal siluman, sensor, dan senjata. Dikatakan bahwa peningkatan kemampuan akan memiliki implikasi “mendalam” bagi A.S. dan sekutunya di Indo-Pasifik.

Sebagian didasarkan pada jurnal militer China, pidato internal para perwira senior Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), dan data paten, makalah ini memetakan lebih dari 50 tahun pengembangan kapal selam nuklir Angkatan Laut PLA yang seringkali bersifat glasial.

Ini berisi citra satelit yang diambil pada bulan November di galangan kapal baru China di Huludao yang menunjukkan bagian lambung bertekanan untuk kapal selam besar yang sedang dikerjakan. Hal ini membuat pembangunan kapal-kapal tersebut sesuai jadwal agar kapal-kapal tersebut dapat beroperasi pada tahun 2030, sesuai dengan jadwal yang tercantum dalam laporan tahunan Pentagon tentang militer China.

4. Meniru Teknologi Rusia

Penelitian ini juga merinci potensi terobosan di bidang tertentu, termasuk penggerak pompa jet dan perangkat peredam internal, berdasarkan “inovasi tiruan” teknologi Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)