Inilah 5 Marga Arab Tertinggi di Indonesia

Senin, 09 Oktober 2023 - 18:37 WIB
loading...
Inilah 5 Marga Arab Tertinggi di Indonesia
Marga Arab tertinggi di Indonesia dalam hierarki adalah Al-Attas. Ilustrasi: Ist
A A A
Marga Arab tertinggi di Indonesia merujuk pada jumlah yang lebih banyak atau dianggap lebih tinggi dalam hierarki keturunan tersebut di Indonesia adalah marga Habib Al-Attas, Al Haddad, As Segaf, Alaydrus, dan Al-Habsyi.

Dari 114 marga keturunan Nabi Muhammad yang ada di seluruh dunia, lima marga ini dianggap paling dominan atau paling banyak di Indonesia.

Pertama, Marga Al-Attas adalah salah satu dari marga yang paling tinggi di Indonesia. Dalam kasus ini, ada sekitar 2.471 penduduk di Indonesia yang menyandang gelar "Al-Attas."

Salah satu tokoh terkemuka yang berasal dari marga "Al-Attas" adalah Al Habib nin Husein Al-Attas atau lebih dikenal dengan sebutan Habib Bungur. Beliau adalah salah satu pemuka agama yang sangat terkenal di tanah Betawi.



Kedua,marga Al Haddad, salah satu marga habib yang paling tinggi di Timur Tengah dan Indonesia. Salah satu tokoh yang berasal dari marga "Al Haddad" adalah Al Habib Al Imam Ahmad Al Haddad bin Abu Bakar bin Ahmad Masrafah bin Muhammad bin Abdullah bin Ahmad Fakih bin Muhammad bin Alwi Ammul Fakih Muqoddam.

Ketiga, As-Segaf. Ini salah satu marga keturunan Nabi Muhammad SAW yang memiliki sejarah dan pengaruh yang penting dalam dunia Islam, khususnya di Timur Tengah dan Indonesia.

Di Indonesia, terdapat sejumlah tokoh dan keluarga yang menyandang marga "As Segaf," seperti Habib Syeh bin Abdul Qodir Assegaf. Mereka sering memainkan peran penting dalam penyebaran Islam, pengajaran agama, dan menjaga tradisi keagamaan dalam masyarakat Muslim Indonesia. Marga "As Segaf" menjadi salah satu dari banyak marga yang dihormati dan diakui dalam masyarakat Muslim karena garis keturunan mereka yang terhubung secara langsung dengan Nabi Muhammad SAW.



Keempat, marga habib Alaydrus. Nama marga ini diambil dari nama seorang tokoh utama dalam marga ini, yaitu Al Habib Abdullah Alaydrus. Beliau dikenal sebagai seorang wali ghauts dan pendiri tarekat Aydrusiyyah.

Marga Alaydrus terkenal di Indonesia dan memiliki banyak pengikut karena ajaran-ajaran spiritual dan tarekat yang diajarkan oleh Al Habib Abdullah Alaydrus.

Kelima, marga habib Al-Habsyi. Penyebutan marga ini berawal dari Al-Habib Abu Bakar Al-Habsyi bin Ahmad, seorang tokoh yang memiliki peran signifikan dalam penyebaran agama Islam.

Al-Habib Abu Bakar Al-Habsyi adalah tokoh utama yang pertama kali menyandang marga "Al-Habsyi." Gelar "Al-Habsyi" disematkan kepadanya karena perannya dalam penyebaran agama Islam di negara Habasyah.

Di Indonesia, marga Al-Habsyi memiliki banyak pengikut dan dihormati karena peran leluhur mereka dalam penyebaran agama Islam.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2567 seconds (0.1#10.140)