4 Makanan yang Bisa Menghitamkan Rambut secara Alami

Senin, 09 Oktober 2023 - 08:30 WIB
loading...
4 Makanan yang Bisa Menghitamkan Rambut secara Alami
Memiliki warna rambut hitam alami yang menawan tentu menjadi dambaan banyak wanita Indonesia. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Melanin merupakan pigmen alami yang menentukan warna rambut. Ketika produksi pigmen ini menurun, maka rambut menjadi abu-abu atau putih. Memiliki warna rambut hitam alami yang menawan tentu menjadi dambaan banyak wanita Indonesia.

Karena warna abu-abu dan putih kerap dilambangkan sebagai sosok yang tua, tak sedikit orang yang ingin meningkatkan produksi melanin dan mengembalikan warna hitam rambutnya sesegera mungkin. Beruntung, untuk mengembalikan warna tersebut, dapat didapatkan dari bahan-bahan alami yang dikonsumsi tubuh.

Apa saja itu? Berikut beberapa makanan yang membantu menghitamkan rambut secara alami, dikutip dari laman Healthline, Senin (9/10/2023).

1. Makanan yang Mengandung Tembaga

Karena tembaga berperan dalam produksi melanin, Anda juga sebaiknya perlu memasukkan makanan berikut ke dalam daftar menu seperti daging kepiting, kacang almond, hati sapi, atau jamur putih.

2. Makanan dengan vitamin A, C, dan E

Vitamin A, C, dan E telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam memperbaiki rambut, kulit, serta kuku. Sebuah penelitian menemukan bahwa jenis vitamin ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV matahari.

3. Penuhi Kebutuhan Vitamin 12

Sebuah penelitian menemukan bahwa kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan rambut beruban sejak dini. Di samping itu, stres juga dapat menyebabkan seseorang memilki rambut putih atau beruban.

4. Makanan Kaya Antioksidan

Perbanyak makanan yang mengandung vitamin penambah rambut, yaitu makanan dengan konsentrasi antioksidan tinggi, yang terbukti meningkatkan produksi melanin.

Sebagai manfaat tambahan, antioksidan membantu melindungi sel dari efek radikal bebas yang merusak. Makanan yang kaya antioksidan ini seperti cokelat hitam, bluberi, sayuran berdaun hijau, kacang polong, ataupun artichoke.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)