alexa snippet

Matahari Melintas Tepat di Atas Kakbah, Kesempatan Perbaiki Arah Kiblat

Matahari Melintas Tepat di Atas Kakbah, Kesempatan Perbaiki Arah Kiblat
Umat Islam Mengelilingi Kakbah. Foto/Dok/SINDOnews.
A+ A-
JAKARTA - Berdasarkan data astronomi bahwa hari Minggu, 16 Juli 2017 matahari akan melintas tepat di atas Kakbah. Peristiwa ini sangat jarang terjadi.

Dalam posisi ini bayang-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus di mana saja akan mengarah lurus ke Kakbah. Peristiwa ini merupakan kesempatan istimewa bagi umat Islam untuk memperbaiki arah kiblatnya agar sesuai bayang-bayang benda tersebut.

"Pukul 16.27 WIB, 17.27 Wita matahari melintasi tepat di atas Kakbah," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Muhammad Tambrin dalam siaran persnya yang diterima SINDOnews, Jumat (14/7/2017).

Dia menerangkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan arah kiblat. Dia menyebutkan beberapa di antaranya dengan memastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan lot/bandul. (Baca: Fenomena Langka Ramadan, Siang Ini Matahari di Atas Kakbah)

"Permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata. Jam pengukur harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom," terangnya.



(kur)
loading gif
Top