Dukungan Kuat Jokowi Bikin Erick Thohir Jadi Bacawapres Paling Kontributif secara Elektoral

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 10:10 WIB
loading...
Dukungan Kuat Jokowi Bikin Erick Thohir Jadi Bacawapres Paling Kontributif secara Elektoral
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/SINDOphoto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menjadi figur calon wakil presiden (cawapres) yang dinilai mampu membawa kontribusi elektoral besar. Menguatnya Erick Thohir untuk diusung cawapres lantaran sosoknya yang terus mendapat dukungan kuat Presiden Jokowi (Jokowi).

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan, Erick Thohir berhasil menghadirkan kinerja yang sangat gemilang di era pemerintahan Jokowi. Terutama selama tiga tahun ini dalam menakhodai Kementerian BUMN.

“Orang-orang yang berkontribusi dalam pemerintahan Pak Jokowi itu mendapatkan insentif elektoral,” kata Adjie, Jumat (6/10/2023).

Dia menuturkan, Anggota Kehormatan Banser Nahdlatul Ulama (NU) itu, begitu sukses menghadirkan kepemimpinan hebat utamanya selama menempati pucuk pimpinan BUMN.

Sejumlah capaian besar hadir dan mendorong banyak kemajuan besar.



Terlihat dari kepemimpinan Erick Thohir terbukti dengan melesatnya pendapatan BUMN hingga mencapai Rp303,7 triliun pada 2022 lalu. Lebih dari itu bahkan membuat dividen BUMN kepada negara menyentuh angka Rp80 triliun.

Apalagi lewat gebrakan bersih-bersih BUMN gagasan Erick Thohir yang berhasil membongkar praktik korupsi di BUMN, mulai dari Jiwasraya, Asabri, Garuda Indonesia, Waskita Beton Precast, hingga Pelindo.

Karenanya, lanjut dia, berkat kehadiran berbagai capaian tersebut kian mendekatkan Erick Thohir dengan Jokowi. Hal tersebut semakin diperkuat dengan begitu seringnya Erick Thohir diikutsertakan Jokowi hadir dalam agenda kepresidenan.

Berdasarkan temuan survei Polling Institute periode 21-25 Agustus 2023, Erick Thohir begitu kokoh berada di puncak elektabilitas teratas. Posisi Erick Thohir berada di peringkat pertama dengan perolehan sebesar 24,5%.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)