Amankah Konsumsi Telur Setiap Hari? Waspada Dampaknya Jika Berlebihan

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 16:29 WIB
loading...
Amankah Konsumsi Telur Setiap Hari? Waspada Dampaknya Jika Berlebihan
Bagi yang memiliki penyakit kardiovaskular atau mengidap kadar kolesterol tinggi perlu membatasi konsumsi telur. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Konsumsi telur menjadi salah satu pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tubuh. Bahan makanan ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap dari setiap butirnya.

Telur juga mudah diolah dengan bahan makanan lainnya sehingga menjadi pilihan banyak orang. Selain itu, harga telur juga cukup terjangkau bagi masyarakat.

Lantas, apakah aman mengonsumsi telur setiap hari? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Telur


Dilansir dari laman Cleveland Clinic, satu butir telur akan memberi 6 gram protein. Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin A, vitamin E, vitamin B12, vitamin B9 (folat), dan lutein.



Masing-masing dari vitamin ini memainkan peran penting dalam beberapa hal. Misalnya, vitamin A yang mendukung kesehatan mata, metabolisme, dan perkembangan sel.

Kemudian ada vitamin B12 yang berperan dalam perkembangan sel saraf dan sel darah. Lalu, vitamin E yang baik untuk melindungi sel dari kerusakan oksidatif.

Folat atau vitamin B9 akan membantu tubuh membuat sel darah merah baru dan membantu pertumbuhan dan perkembangan janin saat hamil. Sementara lutein yang ada di kuning telur telah terbukti mengurangi degenerasi makula terkait usia.

Selain itu, kuning telur juga memiliki sifat anti-inflamasi, dan sifat antioksidan, sehingga membantu peningkatan daya ingat dan memberikan perlindungan kardiovaskular.

Untuk protein dari telur didapat dari putih telur, yakni sekitar 60% dari jumlah total protein dalam telur. Sedangkan kuning telur lebih banyak mengandung lemak jenuh dan kolesterol.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)