Peluang Erick Thohir Jadi Cawapres Kian Terbuka

Kamis, 05 Oktober 2023 - 20:45 WIB
loading...
Peluang Erick Thohir Jadi Cawapres Kian Terbuka
Diskusi dengan tema ‘Cawapres Penentu Kemenangan Pilpres 2024’ di Area 47, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Peluang Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) kian terbuka. Sebab selain dikenal religius, Erick juga bisa menjadi representasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Terlebih sejauh ini, Erick memiliki nilai survei tinggi bila disimulasikan dengan dua bakal calon presiden (bacapres), yaitu Ganjar Pranowo maupu Prabowo Subianto. Kedua nama itu diketahui sebagai tokoh nasionalis.



Pengamat Politik dari Cyrus Network Hasan Nasbi mengungkapkan bila kedekatan Erick Thohir dengan Jokowi sudah tidak diragukan lagi dibandingkan nama Menko Polhukam Mahfud MD, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan Menparekraf Sandiaga Uno.

“Cawapres ini berpengaruh untuk memperlihatkan sebuah produk kemasan, bukan berarti kalau cawapresnya ini akan menang,” ujar Hasan dalam diskusi dengan tema ‘Cawapres Penentu Kemenangan Pilpres 2024’ di Area 47, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

Terbaru, lanjut Hasan, Erick memiliki nilai signifikan dalam survei yang dilakukan IPI di Jatim. Dalam survei itu terungkap bila Erick memiliki elektabilitas tinggi di Jawa Timur.

Meski demikian, Hasan juga menyampaikan bila Wali Kota Solo Gibran Rakabuming juga memiliki peluang tinggi. Politikus PDIP itu juga diketahui memiliki pengaruh kuat sebagai jiplakan Jokowi.

“Kalau Gibran kita kan perlu spekulasi dengan keputusan MK,” kata Hasan.

Sementara, Wakil Ketua DPRD DKI Zita Anjani mengatakan bila pemilihan cawapres masih digodok secara mateng oleh beberapa ketua partai. Karena itu pemilihan matang perlu dilakukan biar tak salah langkah.

Partainya Zita sendiri diketahui telah bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju dan mendukung Menhan Prabowo sebagai penerus Jokowi. Dari nama itulah, Zita mengakui nama Erick yang paling berpeluang menjadi orang nomor dua di koalisi ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0921 seconds (0.1#10.140)