Safari Pesantren di Sleman, Santri Ganjar Borong Produk UMKM Lokal

Kamis, 05 Oktober 2023 - 11:29 WIB
loading...
Safari Pesantren di Sleman, Santri Ganjar Borong Produk UMKM Lokal
Relawan SDG DIY memborong produk UMKM lokal untuk dibagikan kepada warga dan santri saat safari pesantren di Ponpes Azzuhri, Sleman, Rabu (4/10/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SLEMAN - Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memborong produk UMKM lokal untuk dibagikan kepada warga dan santri di Kabupaten Sleman. Hal itu dilakukan saat kegiatan safari pesantren yang rutin digelar.

"Di masyarakat sekitar ada UMKM (salah satunya) UMKM Bakso. Kami memborongnya dari bapak-bapak penjual bakso di daerah (Dusun) Kredenan yaitu daerah (sekitar) pondok pesantren," kata Korwil SDG Yogyakarta Ijtihadul Umam, Rabu (4/10/2023).

Aksi borong produk UMKM itu dilakukan dalam kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024-2029 di Ponpes Azzuhri, Sleman. Pada kesempatan itu, para relawan SDG menyerahkan bantuan tandon air dan kebutuhan pokok lainnya untuk menunjang aktivitas para santri dan pengelolaan ponpes.

Aksi borong produk UMKM terinspirasi sosok Ganjar yang juga peduli dengan para pelaku UMKM sehingga ia pun sempat dinyatakan sebagai "Bapak UMKM" pada 2022 lalu. "Kami memborongnya dan membagikannya kepada (jemaah) majelis taklim atau masyarakat sekitar. Itu kita menyontoh Bapak Ganjar karena Beliau itu Bapak UMKM," tuturnya.

Dengan memborong produk UMKM lokal, Umam berharap dapat memberikan sedikit keuntungan bagi pelaku UMKM dan ikut memotivasi untuk terus mengembangkan usahanya. Inisiatif para sukarelawan Ganjar itu pun mendapatkan apresiasi dari pelaku UMKM yang produknya diborong, yakni Omon Sudarmono.

"Bagi saya yang menjalankan UMKM di sini sangat senang sekali karena bisa membantu penghasilan saya sedikit-sedikit. Jadi dipromosi juga Alhamdulillah oleh relawan Bapak Ganjar," katanya.

Omon yang sudah berjualan bakso sejak 2019 lalu mengaku bisa menjual sekitar 100 porsi bakso atau sekitar 5 kg bakso dalam sehari. Namun keuntungannya itu tidak menentu karena pesaingnya semakin banyak.

Setelah diborong para relawan Ganjar, dia tidak perlu berjualan sepanjang hari seperti biasanya karena dagangannya sudah habis dalam beberapa jam saja. "Biasa berjualan di rumah. Kadang (hasilnya) tidak menentu karena sekarang banyak saingan. Harapan untuk Pak Ganjar mudah-mudahan jadi Presiden. Terus ke depannya bisa memikirkan UMKM dan rakyat kecil seperti saya ini," tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)