MNC Media Kembali Gelar Penghargaan Pahlawan untuk Indonesia

Selasa, 06 Juni 2017 - 07:31 WIB
MNC Media Kembali Gelar Penghargaan Pahlawan untuk Indonesia
MNC Media Kembali Gelar Penghargaan Pahlawan untuk Indonesia
A A A
JAKARTA - MNC Media kembali menyelenggarakan program penghargaan "Pahlawan untuk Indonesia". Program ini digelar untuk memberikan penghargaan kepada sosok-sosok yang inspiratif, berdedikasi tinggi kepada masyarakat untuk berbuat sesuatu yang baik.

Pemimpin Redaksi MNCTV Yadi Hendriana mengatakan, program penghargaan ini merupakan pelaksanaan yang keenam dan akan diselenggarakan pada 10 November 2017 nanti. "Ada 10 kategori yang akan kami cari dan salah satu kategorinya untuk pahlawan pertanian. Kami mencari ke seluruh pelosok Tanah Air," ujarnya saat audiensi MNC Pahlawan untuk Indonesia di Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (6/6/2017).

Yadi melanjutkan, untuk proses penyeleksian selain di internal juga menggunakan juri eksternal. Peserta akan diseleksi secara ketat sesuai dengan persyaratan yang diberikan di kepanitiaan.

"Kami melihat banyak sosok dari warga biasa yang berprestasi, memiliki karya besar dan bisa memotivasi masyarakat. Kami lakukan ini untuk memberikan sumbangsih bagi negara dan bangsa," tuturnya.

Dia berharap, para pemenang yang mendapat penghargaan tersebut bisa menjadi orang yang menginspirasi di bidangnya masing-masing terutama melakukan pembenahan di masyarakat. "Banyak melakukan pembenahan di masyarakat dalam karya-karya yang dia miliki. Kemudian dia membentuk suatu komunitas, dan komunitas itu tergerak sehingga berdampak positif bagi kalangan luas," ungkapnya.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, pihaknya siap bekerja sama untuk sektor pertanian. Menurutnya, banyak pahlawan pertanian di pelosok negeri ini yang sangat kreatif.

"Program ini sangat bagus. Banyak sekali pahlawan pertanian yang belum kita gali dengan baik," ujarnya.

Amran mencontohkan, beberapa pahlawan pertanian yang sangat kreatif sehingga bisa berkontribusi langsung bagi pertanian Indonesia. "Contohnya, ada yang buat alat pompa air, ada yang mengembangkan benih yang berkualitas, kemudian kami juga temukan yang sangat kreatif dalam meningkatkan indeks pertanaman," ungkapnya.

Menurut dia, penghargaan ini patut diberikan kepada orang yang mempunyai kreativitas, inovatif, dan menciptakan penemuan baru di sektor pertanian. "Ada juga yang kreatif membuat bibit unggul yang tadinya hanya memproduksi 5 ton bisa menjadi 10 ton. Ini yang memberikan nilai tambah kepada petani lainnya. Kalau ini dilakukan bisa menginspirasi kepada petani sekelilingnya," jelasnya.

Amran menambahkan, dengan adanya pemberian penghargaan kepada pahlawan pertanian membuat mereka berlomba-lomba untuk menjadi manusia kreatif. "Nantinya petani-petani kita akan terinspirasi dan ingin melakukan hal yang sama, ingin menemukan hal yang baru dan itu penting bagi pertanian indonesia. Ingat, swasembada yang kita capai harus dengan teknologi," tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7814 seconds (0.1#10.140)