Bagaimana Kanker Ginjal Seperti Diidap Vidi Aldiano Menyebar?

Jum'at, 22 September 2023 - 09:20 WIB
loading...
Bagaimana Kanker Ginjal Seperti Diidap Vidi Aldiano Menyebar?
Vidi Aldiano mengumumkan kanker ginjal yang diidapnya telah menyebar ke beberapa titik di tubuhnya. Sebelumnya Vidi menjalani operasi di Singapura. Foto/Instagram Vidi Aldiano
A A A
JAKARTA - Vidi Aldiano mengumumkan kanker ginjal yang diidapnya telah menyebar ke beberapa titik di tubuhnya. Padahal, sebelumnya Vidi telah menjalani operasi di Singapura beberapa tahun lalu dan dinyatakan bersih.

Dilansir dari Moffitt Cancer, Jumat (22/9/2023) seperti kanker lainnya, kanker ginjal berpotensi menyebar ke bagian tubuh lain. Seperti kelenjar getah bening, tulang, dan organ lainnya.

Bila hal ini terjadi, kondisi ini dikenal sebagai karsinoma sel ginjal metastatik. Pasien dengan riwayat kanker ginjal pada satu ginjal memiliki risiko sedikit lebih tinggi terkena kanker ginjal pada ginjal lainnya, namun risiko absolutnya relatif kecil.

Jenis kanker ginjal tertentu lebih rentan menyebar dibandingkan jenis lainnya. Kanker ginjal tingkat tinggi melibatkan sel-sel abnormal yang lebih mungkin menyerang jaringan sehat di sekitarnya dibandingkan sel kanker ginjal tingkat rendah. Namun kanker ginjal tingkat rendah masih bisa menyebar.



Bagaimana Kanker Ginjal Seperti Diidap Vidi Aldiano Menyebar?

Foto/Infografis SINDOnews

Inilah sebabnya mengapa pengobatan segera selalu penting. Kemungkinan kanker ginjal menyebar ke organ dan jaringan lain bergantung pada ukuran dan histologi, serta faktor individu lainnya.

Tumor yang berukuran besar atau tumbuh cepat cenderung lebih mudah menyebar ke bagian tubuh lain. Secara umum, sel kanker dapat menyebar dari ginjal ke area lain di tubuh melalui salah satu dari tiga cara berikut:

1. Berdasarkan Jarak


Saat tumor tumbuh, sel-selnya dapat menyerang jaringan di sekitarnya.

2. Melalui Sistem Limfatik


Sel kanker dapat melepaskan diri dari tumor ginjal dan masuk ke sistem limfatik, yaitu jaringan kelenjar getah bening yang terletak di seluruh tubuh. Kelenjar getah bening, yang menyaring cairan tubuh untuk melawan infeksi, juga memungkinkan sel-sel kanker bersirkulasi ke seluruh tubuh, yang pada akhirnya terakumulasi dan membentuk tumor di organ dan jaringan yang jauh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)