Penampakan Artefak Peninggalan Majapahit, Keris hingga Keramik di Museum Ganesya

Rabu, 20 September 2023 - 13:47 WIB
loading...
Penampakan Artefak Peninggalan Majapahit, Keris hingga Keramik di Museum Ganesya
Kondisi koleksi peninggalan Kerajaan Majapahit di Museum Ganesya, Malang, Jawa Timur. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Sejumlah artefak bersejarah peninggalan Kerajaan Majapahit tersimpan di Museum Ganesya di Balearjosari, Kota Malang, Jawa Timur. Di antaranya keris, peralatan rumah tangga, hingga kendi-kendi keramik yang digunakan untuk upacara keagamaan.

Beberapa koleksi Museum Ganesya berasal dari permukiman-permukiman kuno peninggalan Kerajaan Majapahit. Tampak beberapa barang-barang milik warga di era Majapahit di ibu kota hingga daerah-daerah lain yang tersebar di berbagai kota di Jawa Timur.



Koleksi benda-benda dari peninggalan Kerajaan Majapahit ini menjadi koleksi bersifat tetap dari Museum Ganesya yang berada di kompleks Perumahan Graha Kencana Blimbing, Kota Malang.



Amri Bayu selaku pemandu senior Museum Ganesya mengungkapkan, ada dua jenis koleksi dari museum yakni benda-benda yang sifatnya tetap seperti koleksi peninggalan Kerajaan Majapahit dan Singasari. Sedangkan untuk benda-benda dengan jenis koleksi temporary atau tergantung waktunya mulai dari segala macam benda-benda wayang.

"Kalau benda-benda arkeologi sejarah Singasari dan Majapahit itu tetap. Yang sifatnya temporary, ini benda museum temporary ini tiap enam bulan sekali di-update, tergantung temanya. Pernah yang dipamerkan itu benda-benda mistik, keris. Kemudian celengan, yang terakhir ragam londo wayang Arjuno," kata Amri Bayu, Rabu (20/9/2023)

Benda-benda yang berhubungan dengan peninggalan Kerajaan Majapahit, kata Amri, berada di lantai dua dari tiga lantai lokasi museum. Bangunan museum ini sendiri menyatu dengan bangunan loket wahana permainan air yang dikelola oleh perusahaan yang sama.



"Di lantai dua ini ada benda-benda sejarah dari beberapa kerajaan, yang banyak dari Majapahit dan Singasari. Ini benda-benda yang berhubungan dengan keramik atau alat-alat logistik zaman dahulu, terutama perdagangan era antar kerajaan," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2552 seconds (0.1#10.140)