Melihat Aksi Jokowi Mendongeng Lutung Kasarung

Rabu, 17 Mei 2017 - 18:38 WIB
Melihat Aksi Jokowi Mendongeng Lutung Kasarung
Melihat Aksi Jokowi Mendongeng Lutung Kasarung
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama ratusan siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) terlihat santai duduk di atas rumput di halaman Istana Merdeka, Rabu (17/5/2017).

Kegiatan peringatan Hari Buku Nasional 2017 itu dilaksanakan dengan cara lesehan. Ada hal unik lainnya yang terlihat dalam acara tersebut.

Di hadapan ratusan siswa, Jokowi secara lugas bercerita tentang Lutung Kasarung. Dalam cerita yang disampaikannya, Jokowi menyebutkan nama-nama sosok dalam legenda asal Jawa Barat itu.

‎"Prabu Tapa Agung memiliki dua anak perempuan. Yang sulung namanya Purbararang. Siapa anak-anak? Purbararang. Adiknya siapa anak-anak? Purbasari," tutur Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Meski juga memegang kertas berisi rangkaian cerita Lutung Kasarung, Jokowi terlihat sudah hafal bercerita mengenai dongeng yang sudah melegenda tersebut.

Melihat Aksi Jokowi Mendongeng Lutung Kasarung

Jokowi mengisahkan sikap antagonis Purbararang, dan sikap protagonis Purbasari. Dalam cerita itu, lakon utamanya adalah kehadiran seorang Lutung Kasarung.

Menurut Jokowi, siswa bisa mengambil pelajaran dari legenda Lutung Kasarung. Salah satunya mengajarkan anak-anak tentang perlunya berperilaku baik, budi pekerti yang luhur, menjaga etik dan moral serta kesungguhan dalam mencapai cita-cita.

"Jadi anak-anak kalau mengejar cita-cita harus bekerja keras, rajin belajar, jangan senang curang. Tidak boleh. Jangan menghina orang lain, menjelekan teman, tidak boleh. Harus suka menolong teman," tutur Jokowi.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5331 seconds (0.1#10.140)