Jangan Tergoda, Hati-hati dengan Penipuan Scam Kode QR E-Toll Rp500.000 di Gerbang Tol

Selasa, 19 September 2023 - 12:23 WIB
loading...
Jangan Tergoda, Hati-hati dengan Penipuan Scam Kode QR E-Toll Rp500.000 di Gerbang Tol
Pengguna jalan tol diimbau hati-hati terhadap penipuan berkedok QR Code yang menawarkan uang gratis. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Pengguna jalan tol perlu mewaspadai upaya penipuan atau scam berupa kode QR yang menjanjikan uang Rp500.000. Bagaimana jelasnya?

Pengguna jalan tol perlu mewaspadai upaya penipuan atau scam dengan cara memasang kode QR di beberapa mesin GTO yang ada di ruas jalan tol. Modus penipuan dilakukan dengan menjanjikan E-Toll senilai Rp500.000 apabila kode QR selesai dipindai.

Modus penipuan itu diketahui terungkap setelah petugas operator tol Jasa Marga melakukan penyisiran di beberapa titik gerbang tol. Dari penyisiran tersebut akhirnya diketahui upaya penipuan melalui Kode QR yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Setelah ditemukan, petugas terkait langsung melaporkan tindakan tidak bertanggung jawab itu ke Manager Area.

"Belum lama ini telah terjadi upaya tindakan penipuan oleh oknum pengguna jalan yang tidak bertanggung jawab dengan cara menempelkan barcode untuk di-scan pada reader mesin GTO di ruas jalan tol yang dioperasikan oleh PT Jasamarga Tollroad Operator," tulis akun Instagram resmi Jasamarga Tollroad Operator, yang dikutip SINDONews, Selasa (19/9) ini.

Lebih lanjut mereka memastikan bahwa penempelan kode QR itu tidak dilakukan oleh operator toll. Tindakan itu justru diyakini dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan kelengahan dan rasa penasaran pengguna jalan tol.

"Atas nama PT Jasamarga Tollroad Operator kami memohon maaf kepada seluruh pengguna jalan atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat tindakan tersebut," jelas mereka.

Jasamarga Tollroad Operator juga mengimbau seluruh pengguna jalan tol agar waspada terhadap segala bentuk modus penipuan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.



Sementara berdasarkan penelusuran SINDONews, scam menggunakan kode QR memang sulit diidentifikasi. Hal itu terjadi karena bentuk QR berupa titik-titik putih. Pelaku scam baru terlihat jika korban telah melakukan pemindaian kode tersebut.

Dari situ kehati-hatian masyarakat memang jadi yang paling utama. Jangan sampai langsung tergiur oleh tawaran yang ada termasuk saldo e-toll senilaiRp500.000.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)