alexametrics

LTMPT Pastikan Tak Ada Gelombang 3 UTBK SBMPTN

loading...
LTMPT Pastikan Tak Ada Gelombang 3 UTBK SBMPTN
Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memastikan tidak ada gelombang ketiga Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). FOTO/DOK.SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memastikan tidak ada gelombang ketiga Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). UTBK selesai pada 29 Juli lalu dan tinggal menunggu pengumuman pada 20 Agustus nanti.

Ketua LTMPT Mohammad Nasih mengatakan, LTMPT tidak membuka gelombang ketiga untuk proses penerimaan mahasiswa baru di SBMPTN. Diketahui, penerimaan mahasiswa baru di PTN terbagi tiga jalur. Pertama SNMPTN, kedua SBMPTN dan ketiga jalur mandiri yang diselenggarakan masing-masing PTN.

"Tidak ada gelombang 3. Sudah final," kata Nasih ketika ditanya tentang kemungkinan pembukaan gelombang 3 UTBK, Minggu (2/8/2020).(Baca juga: UTBK SBMPTN Unair Gelombang 2 Digelar, 18 Peserta Dinyatakan Reaktif)

Rektor Universitas Airlangga Surabaya ini menjelaskan, para peserta UTBK baik gelombang 1 dan 2 kini tinggal menunggu pengumuman hasil UTBK-SBMPTN yang dapat dilihat secara serentak pada 20 Agustus 2020. Pengumuman bisa dilihat di laman LTMPT dan juga situs alternatif yang disediakan LTMPT. "Seperti biasanya di web kita dan mirrornya," katanya menjawab teknis pengumuman.



Nasih meminta para peserta yang nantinya tidak lolos SBMPTN tidak patah semangat untuk kuliah. Menurutnya, masih banyak peluang menempuh pendidikan tinggi melalui seleksi mandiri PTN ataupun kuliah di kampus swasta.

Data LTMPT menyebutkan, total peserta UTBK tahun 2020 sebanyak 713.230. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 662.409 (92,89%). Jumlah peserta yang tidak hadir 50.821 (7,13%).(Baca juga: UTBK Tahap Kedua Selesai, 600 Peserta di ITS Gugur SBMPTN)
(abd)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak