alexametrics

Hasto: Urgensi Pendidikan Vokasi Wujudkan Kemandirian Masyarakat

loading...
Untuk menguasai keterampilan cara membangun kompleksitas di desa tidak cukup dibekali dengan teori akademik, tetapi sangat dibutuhkan dukungan pendidikan, pelatihan keterampilan, dan vokasional berbasis komunitas.

“Inilah pentingnya pendidikan vokasi,” tandas mantan bupati Kulonprogo dua peride itu.

Menurutnya, pendidikan vokasi juga diharapkan menjadi kelanjutan dari pendidikan kejuruan untuk memberikan keterampilan yang lebih unggul melalui jenjang perguruan tinggi. Oleh sebab itu, pengembangan kemandirian ekonomi masyarakat membutuhkan kerja sama, kolaborasi, dan sinergitas berbagai pihak: pihak pemerintah, akademisi dan perguruan tinggi, dan pihak swasta

“Dalam praktik implementasi inovasi, Kulon Progo tidak hanya melibatkan ketiga pihak tersebut, akan tetapi juga melibatkan masyarakat dalam pembangunan ekonomi kerakyatan yang mandiri,” terangnya.

Pengembangan pendidikan vokasi yang cocok untuk mendukung perubahan di Kabupaten Kulon Progo adalah melalui community based concept di mana masyarakat turut serta aktif dalam menumbuhkan inovasi dan kreativitas serta menjadi laboratorium utama dalam pendidikan keterampilan atau vokasional tersebut.
(mpw)
halaman ke-2 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak