Buka PIONIR di Aceh, Menteri Agama Tunggangi Gajah

Rabu, 26 April 2017 - 17:18 WIB
Buka PIONIR di Aceh, Menteri Agama Tunggangi Gajah
Buka PIONIR di Aceh, Menteri Agama Tunggangi Gajah
A A A
BANDA ACEH - Pembukaan Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) ke-VIII di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh dipenuhi aksi-aksi atraktif dan unik. Bahkan, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin membuka ajang kompetisi mahasiswa perguruan tinggi Islam yang digelar rutin tiap dua tahun sekali ini dengan menaiki gajah.

Bersama Rektor UIN Ar-Raniry Farid Wajdi Ibrahim dan Sekda Provinsi Aceh Darmawan yang masing-masing juga menunggang gajah, Lukman dengan tenang berada di punggung hewan besar berbelalai tersebut. Lukman yang duduk di belakang pawang kemudian berkeliling di lokasi pembukaan.

Acara pembukaan PIONIR juga dimeriahkan dengan atraksi pesawat kecil yang dipiloti oleh Irwandi Yusuf, Gubernur NAD terpilih. Ribuan hadirin yang memenuhi stadion mini UIN Ar-Raniry dibuat berdecak kagum.

Dalam sambutannya, Lukman berharap, PIONIR mampu meningkatkan pembinaan keilmuan dan mencari mahasiswa yang unggul, baik dalam prestasi akademik, maupun keolahragaan, seni dan riset. Ajang ini juga diyakini efektif memperkuat silaturahmi dan kerukunan antar mahasiswa se-Nusantara.

"Saya berharap, akan muncul olahragawan, seniman dan peneliti-peneliti muda yang ahli di bidangnya agar berkontribusi pada pembangunan bangsa," ujarnya, Rabu (26/4/2017)

Menag menilai, PIONIR merupakan ajang strategis untuk menajamkan intelektualitas, emosional dan moralitas serta penempaan fisik (olahraga) bagi mahasiswa. "Ini langkah tepat untuk memperkuat komitmen persatuan, kerukunan dan menjaga kebhinekaan dalam wadah NKRI karena mahasiswa dari Sabang sampai Merauke bertemu," terangnya.

Sekda Provinsi Aceh Darmawan menyambut baik dipilihnya 'Serambi Mekkah' menjadi tuan rumah PIONIR kali ini. Dia sangat berharap ajang ini makin menguatkan persaudaraan anak bangsa. "Ini juga menegaskan bahwa Aceh sudah benar-benar damai setelah 32 dilanda konflik."

PIONIR 2017 diikuti sebanyak 2.250 mahasiswa dari 55 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) se-Indonesia. Pesertanya dari 11 Universitas Islam Negeri (UIN), 32 Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan 12 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Ada 24 cabang yang akan diperlombakan, antara lain bola voli, futsal, tenis meja, bulu tangkis, debat bahasa, dan kaligrafi.
PIONIR akan berlangsung hingga 1 Mei mendatang.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2816 seconds (0.1#10.140)