HT Soroti Pembangunan Bali Utara dan Timur

Selasa, 25 April 2017 - 23:56 WIB
HT Soroti Pembangunan Bali Utara dan Timur
HT Soroti Pembangunan Bali Utara dan Timur
A A A
JAKARTA - Kesejahteraan masyarakat Bali dinilai masih timpang. Oleh karena itu, perlu kebijakan untuk menciptakan pemerataan pembangunan.

Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo menyarankan ke depan pembangunan harus diarahkan ke Bali Utara dan Timur yang selama ini tertinggal.

“Bangun infrastruktur seperti jalan, air, listrik di Bali Utara dan Timur sepadan dengan barat dan selatan, agar kesejahteraan merata,” kata HT saat menghadiri Upacara Pasupati di Pura Gunung Kawi, Gianyar, Bali, Selasa (25/4).

Menurut dia, pembangunan infrastruktur akan mendorong perkembangan pariwisata di Bali Utara dan Timur. Kedua wilayah ini dinilai HT memiliki sederet destinasi wisata, sebut saja Pantai Lovina yang terkenal dengan atraksi lumba-lumbanya, Air Terjun Gitgit, Candidasa dan Pantai Tulamben.

Namun, lanjut dia, destinasi wisata tersebut tidak seramai di Bali Selatan dan Barat, salah satunya karena minimnya sarana dan prasarana. Padahal, kata HT, bila dikelola dengan baik bisa mendatangkan lebih banyak turis ke Pulau Dewata.

Hary mengatakan apabila satu turis asing rata-rata menghabiskan USD1.000 setiap kali kunjungan, berarti Bali bisa mengantongi USD10 miliar jika berhasil mendatangkan 10 juta turis.

Meski harus menggenjot pembangunan infrastruktur dan pariwisata, HT mengingatkan berbagai pihak untuk tetap menjaga kelestarian alam. “Pembangunan di Bali harus menjaga alam tetap asri, nyaman bagi penduduk dan turis yang datang,” tuturnya.

Selain kelestarian alam, lanjut HT, tak kalah penting menyelaraskan pembangunan dengan pelestarian budaya lokal. Menurut dia, selama ini kekayaan budaya menjadi salah satu daya tarik Bali terutama bagi turis asing.

“Lestarikan budaya, sehingga Bali tetap menjadi Bali dengan kekuatan budayanya,” seru HT.

Tidak kalah penting, menjaga pertanian yang selama ini menjadi sumber utama pendapatan masyarakat di beberapa wilayah Bali semisal Tabanan dan Gianyar. “Jaga dan bangun pertanian di Bali untuk kedaulatan pangan,” kata HT.

HT juga menegaskan komitmen Partai Perindo untuk bergerak aktif membangun kesejahteraan masyarakat Bali.Komitmen itu diwujudkan melalui berbagai program, antara lain Gerobak Perindo dan pembinaan gabungan kelompok tani.

“Partai Perindo berkomitmen membangun kesejahteraan seluruh masyarakat Bali,” ucapnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7185 seconds (0.1#10.140)