Meluncur Sebentar Lagi, Bocoran Harga Mobil Listrik Xiaomi Beredar

Rabu, 13 September 2023 - 10:05 WIB
loading...
Meluncur Sebentar Lagi, Bocoran Harga Mobil Listrik Xiaomi Beredar
Bocoran Harga Mobil Listrik Xiaomi Beredar. FOTO/ SCMP
A A A
BEIJING - Perusahaan teknologi asal China, Xiaomi, terus mematangkan persiapan mobil listrik pertama mereka. Rencananya, kendaraan listrik berbasis baterai itu akan meluncur secara global pada 2024.



Sekadar informasi, saat ini Xiaomi sedang membangun prototipe mobil listrik pertama mereka yang diberi nama MS11. Sedangkan versi massal diduga akan dinamakan Modena yang akan diprediksi bakal dijual mulai dari 200 ribu yuan atau setara Rp421 jutaan.

Melansir Carsccop, penantian panjang mobil listrik Xiaomi akhirnya akan berakhir sebentar lagi. Kabarnya, perusahaan yang terkenal dengan produk gadget itu akan teurngkap pada akhir tahun ini berbarengan dengan smartphone terbaru mereka.

Xiaomi sendiri sudah mengungkapkan rencana mereka untuk membangun mobil listrik sejak dua tahun lalu. Pada bulan lalu, mereka baru benar-benar mendapatkan izin dari pemerintah untuk memproduksinya.

Untuk prototipe, mobil listrik tersebut diberi nama kode MS11, tetapi media lokal saat ini menyebutnya sebagai Xiaomi Modena. Media lokal, sepert Car News China, mengatakan bahwa uji coba produksi mobil tersebut dimulai bulan lalu di sebuah pabrik di Beijing.

Fasilitas ini diklaim dapat menghasilkan 50 prototipe per pekan. Xiaomi dikatakan akan menerima persetujuan dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok (MIIT) dalam satu atau dua bulan mendatang. Setelah mendapatkan persetujuan, mereka dapat mulai menjual Modena.

Untuk spesifikasi, mobil listrik buatan Xiaomi dikabarkan bakal menggunakan baterai ternary berkapasitas 101 kWh yang digabungkan dengan motor listrik 800 volt. Diklaim jarak tempuhnya bisa mencapai 800 km dalam sekali pengisian penuh.

Sistem pencahayaan mobil listrik Xiaomi juga sudah full LED dengan desain bumber depan yang simpel. Mobil ini juga akan memiliki gagang pintu rata, LiDAR yang dipasang di atap, dan atap kaca panoramik seperti Model 3.

Jika nanti diluncurkan, Xiaomi Modena akan bersaing dengan sedan listrik lainnya yang telah beredar di China lebih dulu, seperti Tesla Model 3 dan BYD Seal. Untuk harganya dikabarkan mulai dari 200 ribu yuan atau setara Rp421 jutaan.

Apabila melihat dari teknologi dan fitur yang ditawarkan oleh Xiaomi Modena, harga yang ditawarkan terasa cukup murah. Terlebih mobil listrik ini memiliki jarak tempuh yang cukup panjang sehingga dapat memberikan efisiensi lebih besar.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2930 seconds (0.1#10.140)