Zelensky Sudah Merasakan Melemahnya Dukungan NATO

Selasa, 12 September 2023 - 05:09 WIB
loading...
Zelensky Sudah Merasakan Melemahnya Dukungan NATO
Presiden Ukraina Vladimir Zelensky sudah tahu melemahnya dukungan negara-negara anggota NATO. Foto/Reuters
A A A
KIEV - Pemerintahan negara-negara Barat dapat mengalami kekalahan dalam pemungutan suara dan kesulitan dari jutaan pengungsi Ukraina yang mereka tampung. Ancaman itu dikeluarkan Presiden Vladimir Zelensky jika mereka tidak mempertahankan bantuan mereka ke Kiev.

Ancaman itu sebagai sinyal melemahnya dukungan negara-negara NATO kepada Ukraina. Dalam sebuah wawancara dengan The Economist, Zelensky mengeluhkan melemahnya dukungan dari para pejabat senior Barat. Dia mengklaim telah dilihat langsung oleh mereka selama pertemuan.

“Saya melihat dia tidak ada di sini, tidak bersama kita” bertentangan dengan jaminan yang diucapkan," katanya.

Menurut Zelensky, kegagalan untuk mendukung Ukraina berarti memihak Rusia dalam konflik tersebut, yang meningkat menjadi permusuhan terbuka pada Februari 2022.

“Jika mitra tidak membantu kami, itu berarti mereka akan membantu Rusia untuk menang,” ujarnya.

Zelensky percaya bahwa para pemilih di Barat tidak akan memaafkan para pemimpin mereka jika mereka “kehilangan Ukraina.” Masalah lebih lanjut mungkin juga datang dari jutaan pengungsi Ukraina yang kini tinggal di Eropa Barat. "Mereka pada umumnya berperilaku baik, namun jika tuan rumah menyudutkan orang-orang ini, maka hasil akhirnya tidak akan menjadi “cerita yang bagus,” tambah Zelensky.



Pemimpin Ukraina tersebut mengatakan dia secara moral siap untuk perang jangka panjang dengan Rusia, namun hal ini mengharuskan negaranya untuk beralih ke perekonomian yang sepenuhnya termiliterisasi.

Dia menambahkan bahwa sekarang adalah momen yang buruk untuk perundingan perdamaian dengan Rusia, karena kemajuan medan perang yang tidak memuaskan selama tiga bulan ‘serangan balasan’ musim panas yang dilakukan Kiev. Moskow memperkirakan kerugian musim panas di Ukraina mencapai lebih dari 66.000 tentara dan 7.600 senjata berat.

The Economist mencatat bahwa pemerintahan Zelensky telah membangun ekspektasi untuk serangan tersebut, namun sekarang dia “dengan hati-hati menyesuaikan pesannya dengan kenyataan.”

Presiden Ukraina juga tampaknya mendapat pujian atas serangan pesawat tak berawak jauh di dalam wilayah Rusia, yang secara resmi ditolak oleh Kiev untuk diklaim sebagai miliknya. Menjelaskan strateginya, dia mengatakan dukungan publik terhadap pemerintah Rusia akan berkurang “karena drone kami akan mendarat.”

"Dalam perang panjang, Moskow akan kalah terlepas dari apa yang dirasakan Rusia karena perekonomian Rusia akan gagal," tambah Zelensky.

Pemerintah Rusia memperkirakan perekonomian akan tumbuh sebesar 2,5% atau lebih pada tahun 2023. Perkiraan terbaru dari Bank Dunia dan IMF telah meningkatkan prediksi mereka terhadap Rusia karena produksi industri yang kuat dan pendapatan energi yang lebih tinggi dari perkiraan.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)