alexa snippet

Ikatan Akuntan Indonesia Dorong Tata Kelola Pemerintahan yang Baik

Ikatan Akuntan Indonesia Dorong Tata Kelola Pemerintahan yang Baik
Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) Jawa Timur, Prof DR Dian Agustia, saat memberikan sambutan pada Konferensi Regional Akuntansi IV di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Negeri Surabaya, Kamis (19/4/2017). Foto/Istimew
A+ A-
JAKARTA - Pembangunan yang berkelanjutan sudah menjadi agenda dunia. Para pemimpin dunia telah membuat kesepakatan yang lebih ambisius, yaitu mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) untuk periode 2016-2030.

Indonesia sebagai anggota United Nations (UN) telah ikut menyetujui SDGs dengan konsekuensi terlibat aktif dalam keberhasilan tercapainya 17 tujuan SDGs.

Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) Wilayah Jawa Timur, Prof DR Dian Agustia mengatakan, pencapaian SDGs memerlukan kerja sama berbagai organisasi, baik sektor publik, swasta maupun partisipasi masyarakat secara keseluruhan.

"Organisasi sektor publik merupakan salah satu soko guru perekonomian Indonesia yang memiliki kewajiban mendukung pembangunan negara," kata Dian saat Konferensi Regional Akuntansi (KRA) IV di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, Kamis (19/4/2017), seperti dalam keteranan tertulis yang diterima SINDOnews.

Dian mengatakan, KRA IV tahun ini mengusung tema Peran Akuntan Mewujudkan Good Public Governance dalam Era Sustainable Development Goals (SDGs). Acara yang digelar pada 19-20 April ini mengundang para peneliti, praktisi, pendidik, dan mahasiswa untuk menyajikan hasil-hasil penelitian terbaiknya.

Dian menjelaskan KRA merupakan acara Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) Wilayah Jawa Timur. Tujuan KRA adalah menjadi wadah bagi para peneliti untuk mendapatkan masukan perbaikan kualitas paper penelitian.

“Selain membantu para peneliti untuk mendapatkan masukan penelitian agar lebih berkualitas, juga membuka kesempatan bagi para peserta untuk mengikuti perkembangan keilmuan terkini dan dapat memperluas jaringan kerja sama (network) antarberbagai perguruan tinggi,” tutur Dian.

Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Airlangga ini menambahkan, selain memaparkan hasil penelitian akuntansi, KRA IV juga menggelar Forum Diskusi Ketua Departemen/Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi (KPS) S1.

Forum ini akan membahas tentang pendidikan, dan isu terkini (current issue) bidang akuntansi dan bisnis. “Hasil pertemuan forum ini akan menjadi masukan dalam pengembangan kurikulum dan bahan ajar dalam proses pendidikan,” ujarnya.

Dian melanjutkan, panitia KRA  juga menerima poster atau hasil penelitian berupa  karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.

Adapun cara mengaplikasikannya dengan menempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin.

KRA IV diikuti 500 peserta se-Indonesia, jumlah paper yang masuk adalah 260 paper, dan paper yang dipresentasikan adalah 130 paper, dan 35 perguruan tinggi negeri dan swasta turut mendukung KRA IV ini



(dam)
loading gif
Top