Jokowi Sebut Masjid KH Hasyim Asyari Bisa Jadi Pilar Keberagaman

Sabtu, 15 April 2017 - 15:10 WIB
Jokowi Sebut Masjid KH Hasyim Asyari Bisa Jadi Pilar Keberagaman
Jokowi Sebut Masjid KH Hasyim Asyari Bisa Jadi Pilar Keberagaman
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Masjid Raya di kawasan Jalan Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat. Masjid raya tersebut diberi nama tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy'ari.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, penggunaan nama KH Hasyim Asy'ari sebagai nama masjid raya ini bukan tanpa sebab. Menurutnya, kiai Hasyim adalah seorang tokoh pahlawan Nasional yang mencintai agamanya sekaligus republik ini dengan hati.

"Beliau membuktikan, bahwa kecintaan terhadap negeri tidak melunturkan komitmennya," kata Jokowi di Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Sabtu (15/4/2017).

Jokowi mengatakan, sebagai pendiri organisasi masyarakat berbasis keagamaan Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy'ari telah meletakkan pondasi agama Islam di Tanah Air yang moderat.

Jokowi berharap, masyarakat bisa menjadikan KH Hasyim Asy'ari sebagai teladan dalam menanamkan nilai-nilai ke-Islaman dan ke-Indonesiaan. Diakuinya, Masjid Raya KH Hasyim bisa menjadi simbol Islam yang ramah, Islam yang moderat, yang menjadi pilar keberagaman kota Jakarta dan Indonesia.

"Jasa beliau dalam menanamkan nilai dan prinsip Islam rahmatan lil alamiah relevan dengan fakta bahwa Indonesia negara yang majemuk, plural," ucap Jokowi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5642 seconds (0.1#10.140)