alexametrics

Hari Ini, UNY Anugerahkan Doktor Honoris Causa kepada Kepala BKKBN Hasto Wardoyo

loading...
Hari Ini, UNY Anugerahkan Doktor Honoris Causa kepada Kepala BKKBN Hasto Wardoyo
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo. Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
YOGYAKARTA - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memberikan gelar Doktor Honoris Causa (HC) bidang Teknologi dan Pemberdayaan Masyarakat Vokasional kepada Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo. Gelar tersebut rencananya diberikan di Auditorium UNY, Sabtu (1/8/2020).

Promotor pengusul doktor honoris causa Hasto Wardoyo, Prof. Mohammad Bruri Triyono mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan memberikan anugerah gelar doktor HC kepada Hasto Wardoyo selaku Kepala BKKBN. Terutama peran nyata dalam menyinergikan bidang akademik vokasional dan pemberdayaan masyarkat saat menjabat sebagai Bupati Kulon Progo selama dua periode (2011-2019). (Baca juga: Hasil Rapid Test Reaktif, Tinggal 303 Peserta Belum Ikut UTBK)

“Promovendus menggerakan masyarakat dan meningkatkan taraf hidup masyarakat sebagai dorongan ideologis. Terutama dalam bidang vokasional serta kemampuan kreativitas dan inovasi,” jelasnya, Jumat (31/7/2020).

Di antaranya dengan memfokuskan hal mikro, memulai dari industri rumahan, mencanangkan swasembada kebutuhan beras guna terpenuhinya kebutuhan sehari-hari masyarakat serta menautkan kebijakan itu ke ranah pendidikan vokasi dan mengembangkan karier lulusannya berbasis kompetensi.



Hasto juga mengembangkan Tomira (Toko Milik Rakyat) sebagai ikon warung kerakyatan di Kulon Progo yang difungsikan sebagai pintu masuk transformasi ekonomi mikro dan pendidikan vokasi. Dimana terobosan ini merupakan realisasi ekonomi Pancasila yang mengedepankan kedaulatan ekonomi di tangan rakyat dan basis pendidikan vokasi di Kulon Progo.

“Itulah beberapa pertimbangan memberikan apresiasi akademik penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa kepada Hasto Wardoyo,” paparnya. (Baca juga: Kampus Memiliki Peran Penting dalam Membangun Tata Kelola Desa)



Rektor UNY Prof. Sutrisna Wibawa, mengatakan dengan pengakuan akademik ini diharapkan menjadi amanah bagi Kepala BKKBN untuk terus berdedikasi dan berkomitmen dalam pengembangan masyarakat vokasional berbasis teknologi unggul. Ilmu vokasi juga dapat berkembang lebih luas, melibatkan multi disiplin dan komponen pemerintahan, serta terus berkembang dan relevan untuk pembangunan masyarakat.

“Praksis penerapan teknologi dan ilmu pengetahuan untuk pembangunan, layaknya sudah dilakukan Hasto Wardoyo, harus terus dikuatkan, ditularkan, dan senantiasa dikembangkan sehingga bermanfaat untuk pemberdayaan masyarakat,” harapnya.
(mpw)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak