Sempat Terjadi Baku Tembak, Enam Terduga Teroris Dinyatakan Tewas

Sabtu, 08 April 2017 - 19:22 WIB
Sempat Terjadi Baku Tembak, Enam Terduga Teroris Dinyatakan Tewas
Sempat Terjadi Baku Tembak, Enam Terduga Teroris Dinyatakan Tewas
A A A
TUBAN - Tujuh orang terduga teroris yang melarikan diri dan bersembunyi di perkebunan jagung milik penduduk di Desa Suwalan, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, akhirnya berhasil dilumpuhkan oleh anggota gabungan Densus 88, Brimob Polda Jatim, dan anggota TNI Kodim 0811 Tuban, sekitar pukul 15.00 WIB.

Enam terduga teroris tewas ditembak di lokasi perkebunan jagung milik warga. Sedangkan, satu terduga teroris berhasil ditangkap dalam keadaan masih hidup.

Tujuh terduga teroris itu sebelumnya naik mobil Daihatsu Terios warna putih nopol H 9037 BZ di jalur pantura. Saat berada di pos lalu lintas di kawasan Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, mereka sempat menembak anggota polisi, Aipda Tatang, dari dalam mobil. Namun, tembakan itu meleset. Polisi lalu mengejar mobil Daihatsu Terios tersebut.

Mobil berhenti di tepi jalan lalu tujuh terduga teroris itu kabur ke hutan jati peteng di kawasan Desa Suwalan, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Anggota gabungan dari Densus 88, Brimob Polda Jatim, dan anggota TNI Kodim 0811 Tuban, melakukan pengejaran dan mengepung terduga teroris tersebut.

(Baca juga: Terduga Teroris Tembaki Anggota Polisi di Jalur Pantura Tuban)

Dalam pelariannya itu, salah satu terduga teroris merampas sepeda motor milik warga setempat. Dia kemudian kabur ke arah barat. Sedangkan, enam terduga teroris lainnya bersembunyi di perkebunan jagung milik warga.

Beberapa kali terdengar suara tembakan dari arah perkebunan jagung tempat persembunyian enam terduga teroris tersebut. Sementara sekitar 100 anggota gabungan terus merangsek dan mengepung enam terduga teroris tersebut.

Baku tembak terjadi beberapa kali. Sekitar pukul 15.00 WIB, enam terduga teroris itu berhasil dilumpuhkan dalam keadaan tewas. Sedangkan satu terduga teroris yang merampas sepeda motor milik warga berhasil dilumpuhkan dalam keadaan masih hidup sekitar pukul 16.00 WIB.

"Iya enam terduga teroris tewas ditembak. Satu terduga teroris ditangkap dalam keadaan hidup," ujar Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suendayati, pada MNC Koran SINDO, Sabtu (8/4/2017).

Ketujuh terduga teroris diduga tidak mengenal medan di kawasan perkebunan dan hutan jati peteng di Desa Suwalan, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban tersebut. Ketujuh terduga teroris dilumpuhkan dalam waktu sekitar enam jam.

Menurut Elis, saat ini lokasi baku tembak masih disterilkan. Lokasi baku tembak dan tewasnya keenam terduga teroris dengan lokasi pertama terduga teroris menembak anggota polisi sekitar tiga kilometer.

Suasana mencekam sempat menyelimuti kawasan Desa Suwalan, Kecamatan Jenu, saat berlangsung baku tembak antara terduga teroris dengan anggota polisi tersebut. "Untuk identitas ketujuh terduga teroris belum diketahui. Kami masih melakukan identifikasi," ujar Elis.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3163 seconds (0.1#10.140)