XL Terbitkan Program Sukuk Ijarah Berkelanjutan Tahap II

Jum'at, 07 April 2017 - 21:03 WIB
XL Terbitkan Program Sukuk Ijarah Berkelanjutan Tahap II
XL Terbitkan Program Sukuk Ijarah Berkelanjutan Tahap II
A A A
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (EXCL) hari ini mengumumkan rencana penawaran umum Sukuk Ijarah Berkelanjutan Tahap II senilai Rp2,18 miliar setelah hasil bookbuilding (penawaran awal) yang positif.

Penawaran umum ini merupakan bagian dari Program Penawaran Umum Berkelanjutan senilai Rp5 triliun yang telah diterbitkan sebelumnya. Penawaran Umum Berkelanjutan tersebut merupakan Program Sukuk Ijarah terbesar yang pernah diterbitkan korporasi.

"Kami bangga atas keberhasilan XL Axiata dalam meluncurkan Sukuk Ijarah Berkelanjutan Tahap II ini sesuai rencana dengan memanfaatkan kondisi suku bunga yang rendah saat ini," kata Chief Financial Officer XL Axiata Mohamed Adlan dalam rilisnya, Jakarta, Jumat (7/4/2017).

Menurutnya, permintaan terhadap sukuk perusahaannya tetap tinggi mengingat peringkat kredit yang diberikan oleh Fitch, yaitu AAA. "Selain itu, kami memiliki fleksibilitas untuk memanfaatkan sisa yang tersedia dalam program Sukuk Ijarah Perseroan apabila kondisi pasar menguntungkan," ujarnya.

Struktur Sukuk tersebut disusun dengan mengacu pada Prinsip Syariah, yaitu Ijarah yang telah berhasil diadopsi dan teruji di negara-negara lain, terutama di Timur Tengah dan Malaysia. Dokumen-dokumen transaksi Sukuk ini juga disusun dengan mengacu pada standar sukuk ijarah internasional.

Penawaran umum ini sedang ditelaah Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menunjukkan dukungan terhadap inisiatif pemerintah dalam mengembangkan sektor keuangan syariah di Indonesia, mengingat Indonesia juga merupakan salah satu penerbit sukuk pemerintah terbesar di dunia.

Menurutnya, dana dari penawaran umum tersebut terutama akan digunakan untuk pembayaran kembali (refinancing) dan memperpanjang pinjaman XL Axiata yang berdenominasi rupiah. Di mana hal ini akan semakin memperkuat portofolio utang XL Axiata.

"Karena transaksi ini merupakan pembayaran kembali, rasio utang bersih perseroan terhadap EBITDA tetap terjaga di tingkat yang sehat, yaitu di bawah 2x. Neraca yang sehat mendukung aspirasi XL untuk menjadi yang terdepan dalam digital space," terangnya.

Program Sukuk Ijarah Berkelanjutan XL Axiata senilai Rp5 triliun diterbitkan pada 2015 sebagai bagian dari inisiatif pengelolaan neraca perseroan.

Melalui penerbitan Sukuk Ijarah Berkelanjutan Tahap II ini, XL Axiata akan memperoleh dana senilai lebih dari Rp3,5 triliun, sementara sisanya akan tersedia untuk penerbitan lebih lanjut hingga November 2017.

Penjamin Pelaksana Emisi Efek dalam Penawaran Umum Sukuk Ijarah Berkelanjutan Tahap II ini adalah PT CIMB Sekuritas, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT Indo Premier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas dan PT Maybank Kim Eng Securities.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6225 seconds (0.1#10.140)