alexametrics

Hasil Rapid Test Reaktif, Tinggal 303 Peserta Belum Ikut UTBK

loading...
Hasil Rapid Test Reaktif, Tinggal 303 Peserta Belum Ikut UTBK
Para peserta UTBK yang hasil rapid test masih reaktif tetap mendapat kesempatan di tahap ketiga. Foto/Aan Haryono
A+ A-
SURABAYA - Para peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang hasil rapid test masih reaktif tetap mendapat kesempatan di tahap ketiga. Tercatat ada 303 peserta yang reaktif di tahap kedua dan ketiga.

Ketua Pusat UTBK Universitas Airlangga Prof Junaidi Khotib menuturkan, sebenarnya peserta relokasi yang terdaftar di Pusat UTBK Unair mencapai 319 orang. Mereka semua melaksanakan ujian relokasi disebabkan hasil rapid test-nya reaktif.

”Dari 319 orang itu, setelah kita cek, ternyata ada 14 orang yang mengikuti UTBK di tahap II yang digelar 20-29 Juli 2020,” kata Junaidi, Jumat (31/7/2020). (Baca juga: 3 Kecamatan di Purwakarta Bisa Belajar Tatap Muka, Ini Syaratnya)

Ia melanjutkan, pada saat mereka mengajukan relokasi, kondisinya masih reaktif. Kemudian dalam perjalanan waktu, mereka kembali melaksanakan uji kembali dan hasilnya sudah non-reaktif. Sehingga mereka bisa dilakukan mengikuti ujian pada tahap II kemarin.



"Jadi total terdapat 303 peserta UTBK relokasi yang melakukan ujian pada tahap III. Semua pelaksanaan ujian nanti berada di kampus C Unair," ucapnya. (Baca juga: Kemendikbud Harus Memberikan Pedoman Materi yang Diutamakan dalam PJJ)

Dari 303 peserta itu, katanya, sudah ada yang mulai datang melakukan tes rapid. Empat di antaranya masih saja hasilnya reaktif. "Mereka yang masih reaktif tidak bisa mengikuti ujian tahap tiga. Syarat mengikuti ujian tetap harus non-reaktif,” jelasnya.



Ia menambahkan, pihaknya melakukan pengujian kepada peserta reaktif secara berulang. Semua itu dilakukan untuk mengurangi terjadinya hasil false dalam pengukuran sehingga mendapat ketepatan hasil tes. Pengujian dilakukan sampai dua kali untuk mereka yang masih reaktif.

Secara keseluruhan, tambahnya, dari dua gelombang sebelumnya, peserta UTBK yang sudah terdaftar di Unair itu mencapai 24.966 peserta. Peserta yang mengikuti ujian sekitar 22.567 orang. Sementara yang tidak hadir mencapai 9 persen atau setara 2.419 peserta.
(mpw)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak