Sowan ke Mbah Munif, Ganjar Pranowo Pamitan dan Nyuwun Doa Lanjutkan Tugas Berikutnya

Selasa, 05 September 2023 - 15:28 WIB
loading...
Sowan ke Mbah Munif, Ganjar Pranowo Pamitan dan Nyuwun Doa Lanjutkan Tugas Berikutnya
Bacapres yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo menemui pimpinan Ponpes Girikusumo KH Munif Muhammad Zuhri di Demak, Jawa Tengah, Selasa (5/9/2023) siang. Foto/MPI
A A A
DEMAK - Bakal Calon Presiden (Bacapres) yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes) Girikusumo, Demak, Jawa Tengah, Selasa (5/9/2023) siang.

Kunjungan itu untuk sowan ke pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Girikusumo KH Munif Muhammad Zuhri atau Mbah Munif. Dalam kunjungan itu, Ganjar disambut dengan kudapan makan siang.



Setelah makan siang, terlihat Mbah Munif dan Ganjar merapalkan doa. Hal itu terlihat karena kedua tokoh itu menegadahkan tangan.

Usai berdoa, Ganjar mengaku kunjungan itu untuk bersilaturahmi ke Mbah Munif. Kunjungan itu juga sekaligus dalam rangka pamitan lantaran masa tugas Ganjar sebagai Gubernur Jateng telah berakhir pada hari ini.

"Hari ini masa tugas saya berakhir, saya pamit sama beliau," ujar Ganjar usai bertemu Mbah Munif.

Ganjar pun mengenang kala dirinya mengunjungi kediaman Mbah Munif pertama kali. Ia mengaku kunjungan kali pertama saat pengajian malam Jumat 2013.

"Mungkin hampir jam 00.00 saya datang ke sini pertama kali bertemu beliau, dan setelah itu saya sering sowan, diskusi. Setelah itu saya jadi gubernur 2 periode, bahkan beliau menginisiasi pertemuan kebangsaan membahas banyak hal," tutur Ganjar.

"Jadi ada halaqoh-halaqoh yang dibikin, berkeliling, kadang di sini, kadang di UIN, kadang di rumah saya, dan kita harapkan itu masih tetap berjalan," sambungnya.

Atas dasar itu, kata Ganjar, kedatangan kali ini untuk pamit dan meminta restu kepada Mbah Munif. Restu yang dimaksud, kata Ganjar, untuk tugas berikutnya yang lebih besar.



"Nah saya tadi nyuwun pamitlah sama beliau, sekaligus nyuwun doa, setelah tugas saya, saya ingin melanjutkan tugas berikutnya," tandas Ganjar.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)