Apa Arti Gelar Purn Pada TNI? Begini Penjelasannya

Senin, 04 September 2023 - 06:10 WIB
loading...
Apa Arti Gelar Purn Pada TNI? Begini Penjelasannya
Mengetahui gelar Purn pada TNI menjadi hal yang penting untuk diketahui jika ingin mengecek keaktifan dari salah satu anggota TNI. Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Mungkin sebagian orang ada yang belum tahu tentang arti gelar Purn pada TNI . Padahal arti gelar tersebut menjadi hal yang penting untuk diketahui jika ingin mengecek keaktifan dari salah satu anggota TNI.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan salah satu institusi utama di Indonesia yang bertugas melindungi keamanan dan integritas nasional. TNI terdiri dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Dalam TNI terdapat susunan atau jenjang pangkat yang melekat dalam masing-masing anggotanya. Pangkat dalam TNI dibagi menjadi tiga golongan, yaitu Perwira, Bintara, dan Tamtama.


Selain pangkat, ada juga gelar yang ada pada setiap anggotanya. Salah satu gelar yang ada pada anggota atau prajurit TNI adalah Purn. Lantas apa arti gelar Purn dalam TNI? Berikut ulasannya.

Arti Gelar Purn pada Anggota TNI

Gelar Purn pada TNI adalah singkatan dari Purnawirawan , yang berarti pensiunan prajurit yang sudah tidak aktif lagi di dalam dinas kemiliteran. Tidak hanya di TNI, gelar ini juga diberikan kepada pensiunan kepolisian.

Gelar purnawirawan akan diberikan kepada para prajurit yang telah mengabdi kepada negara dan bangsa dengan loyalitas dan profesionalismenya. Gelar yang satu ini tidak memiliki kaitan dengan keadaan hidup atau mati dari sang anggota.

Bukan hanya menunjukan ketidakaktifan dari anggota TNI saja, gelar purnawirawan juga menjadi tanda penghargaan dan penghormatan bagi para anggota yang berjasa dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan Indonesia.

Gelar purnawirawan terdiri dari dua bagian, yaitu pangkat dan jabatan. Pangkat adalah keabsahan wewenang dan tanggung jawab dalam hierarki keprajuritan yang didasarkan atas kualifikasi yang telah dimiliki oleh setiap prajurit.

Sedangkan jabatan adalah kedudukan atau posisi seseorang dalam suatu organisasi atau struktur yang menentukan tugas, wewenang, dan tanggung jawabnya.

Contoh gelar purnawirawan adalah Purn Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo, yang berarti pensiunan prajurit dengan pangkat Jenderal TNI (Tentara Nasional Indonesia) dan jabatan Purn. (Purnawirawan).

Gelar purnawirawan berbeda dengan veteran. Gelar veteran hanya akan diberikan kepada para prajurit yang pernah mengikuti pertempuran kemerdekaan saja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)