Guru Besar UIN: Santri Belajar di Luar Negeri Harus Cerdas dan Berideologi Kuat

Sabtu, 02 September 2023 - 11:40 WIB
loading...
Guru Besar UIN: Santri Belajar di Luar Negeri Harus Cerdas dan Berideologi Kuat
Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati, Prof. Tajul Arifin menilai santri di Indonesia yang menimba ilmu luar negeri termasuk ke China agar cerdas dan berideologi kuat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Para kiai dan kaum santri dalam sejarah perjuangan Indonesia memainkan peran penting sebagai garda terdepan dalam membela dan mempertahankan negara dan ideologi Pancasila.

Karena itu, santri di Indonesia yang menimba ilmu ke berbagai negara, seperti ke dunia barat hingga ke China agar memperoleh sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. "Sebaiknya santri yang dikirim menimba ilmu minimal untuk studi lanjut pada level S2, sehingga secara ideologi sudah kuat. Kalau santri yang berangkat ke negara lain tamatan SMA, bisa dipengaruhi mereka," kata Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, Prof. Tajul Arifin saat menjadi pembicara pada seminar bertajuk “Santri, Elit Bisnis, dan Strategi Kuasa Lunak Tiongkok,” yang diselenggarakan Forum Sinologi Indonesia di Jakarta, Kamis (31/8/2023)

Dia berharap agar santri atau siswa Indonesia yang dikirim pendidikan ke negeri barat, China dan negara lainnya untuk tetap bisa mempertahankan ideologi Pancasila. “Berbeda dengan pengalaman para santri studi ke Barat, di mana kebanyakan minimal untuk studi lanjut pada level S2, sehingga secara ideologi mereka sudah kuat, saat ini para santri yang berangkat ke China kebanyakan mulai dari tamatan SMA, sehingga masih berpengetahuan dangkal dan mudah dipengaruhi,” tuturnya dalam keterangan resmi, Sabtu (2/9/2023).



Ketua Forum Sinologi Indonesia (FSI) yang juga pemerhati Tiongkok dan Tionghoa dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Johanes Herlijanto, mengatakan bahwa Tiongkok bukan hanya merangkul para santri dan komunitas muslim, tetapi juga elit bisnis, termasuk komunitas Tionghoa.

Johanes menjelaskan peran penting yang dimainkan oleh UFWD (United Front Work Department), sebuah lembaga di bawah partai berkuasa di Tiongkok. “Melalui UFWD, Tiongkok memberi gambaran soal sistem politik yang sedang berjalan, sekaligus memberi pengaruh pada partai politik negara lain, komunitas diaspora, dan perusahaan-perusahaan multi nasional,” tuturnya.

Johanes menjelaskan bahwa peran UFWD menjadi semakin penting seiring dengan keyakinan Presiden China, Xi Jinping bahwa orang-orang Tionghoa perantauan memiliki peran penting dalam proyek peremajaan bangsa Tionghoa yang ia canangkan.

“Kini UFWD diberi tugas untuk merangkul Tionghoa perantauan dan mendorong mereka untuk menyampaikan cerita tentang Tiongkok, menjalin hubungan dengan para politisi setempat, serta mempengaruhi kebijakan,” katanya.

Johanes mengatakan bahwa sepak terjang UFWD di berbagai negara, seperti Kanada, Selandia Baru, dan Australia, telah menjadi topik yang dipelajari dan didiskusikan oleh para pemerhati Tiongkok.

Johanes menambahkan, UFWD telah hadir di Indonesia, dan pernah melakukan kunjungan pada sebuah komunitas bisnis di Indonesia. Ia mencontohkan kunjungan sebuah organisasi bernama Asosiasi Persahabatan Tionghoa Perantauan (Chinese Overseas Friendship Association) yang dipimpin oleh wakil ketuanya langsung kepada sebuah organisasi bisnis di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)