alexa snippet

Pemerintah-DPR Diminta Segera Selesaikan Seleksi Anggota KPU-Bawaslu

Pemerintah-DPR Diminta Segera Selesaikan Seleksi Anggota KPU-Bawaslu
Ilustrasi KPU. Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Masa jabatan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan berakhir pada 12 April 2017 mendatang.

Namun, DPR sampai dengan saat ini belum juga menyelenggarakan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) kepada 10 nama calon anggota KPU serta 14 calon nama anggota Bawaslu hasil seleksi tim pansel.

Menurut Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay, sampai dengan saat ini pihaknya masih berkonsentrasi menuntaskan tugas yang akan berakhir pada pertengahan April nanti.

Usulan perpanjangan masa jabatan menurut dia tidak terlalu dipikirkan, sebab dia memandang tidak ada alasan untuk melakukan itu, termasuk jika sampai menggunakan mekanisme Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu).

"Itu bukan otoritas kami, otoritas Presiden. Tentu Presiden juga harus hati-hati mengambil keputusan, kalau memang diperpanjang dasarnya apa, karena undang-undang tidak (mengatur) ada perpanjangan," kata Hadar di Jakarta, Senin (20/3/2017).

Hadar menilai, sampai saat ini tidak ada urgensi perpanjangan masa jabatan jika didasarkan pada mekanisme keluarnya Perppu. Dia pun meyakini, sebetulnya proses fit and proper bisa diselesaikan dalam waktu singkat.

"Bisa mereka (DPR) selesaikan. Kalau masih punya waktu sepekan dua pekan sebelum batas waktu masih bisa kok. Fit and proper itu bukan proses yang terlalu sulit," ucap Hadar.

Sebagaimana diketahui panitia seleksi resmi menuntaskan kerja dan menyerahkan ke24 nama calon KPU dan Bawaslu ke Presiden akhir Januari dan diserahkan pada Februari 2017.

Adapun 14 nama calon anggota KPU yang diserahkan ke DPR antara lain Amus Atkana, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Ilham Saputra, Evi Novida Ginting Manik, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Ida Budhiati, Wahyu Setiawan, Sri Budi Eko Wardani, Pramono Ubaid Tanthowi, Yesst Y Momongan, Hasyim Asy'ari, Arief Budiman, Viryan serta Sigit Pamungkas.

Sementara 10 nama calon anggota Bawaslu terdiri dari Ratna Dewi Petalolo, M Najib, Abhan, Sri Wahyu Araningsih, Fritz Edward Siregar, Syafrida Rachmawati Rasahan, Mochammad Afifudin, Herwin Jefier Hielsa Malonda, Abdullah, dan Rahmad Bagja.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top