alexa snippet

Daftar Perang Paling Lama di Dunia, Aceh vs Belanda Nomor 4

Daftar Perang Paling Lama di Dunia, Aceh vs Belanda Nomor 4
Sepanjang sejarah peradaban manusia, dunia diwarnai banyak peperangan yang disebabkan berbagai alasan. Perang biasanya berlangsung lama dan memakan banyak korban. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
SEPANJANG sejarah peradaban manusia, dunia diwarnai banyak peperangan yang disebabkan berbagai alasan. Sebagian perang merupakan konflik independen, sebagian lainnya adalah kelanjutan dari konflik terdahulu. Yang pasti, perang biasanya berlangsung cukup lama dan memakan banyak korban. Berikut 10 perang yang memakan waktu paling lama dalam sejarah dunia.

1. Perang 100 tahun
Durasi                   : 116 tahun (1337-1453)
Jumlah korban    : Diperkirakan 3,5 juta orang

Perang dengan pemain utama adalah Inggris dan Prancis ini terbagi ke dalam tiga komponen utama. Salah satu bagian berlangsung selama 38 tahun yaitu Perang Lancastrian (1415-1453). Perang ini memperebutkan wilayah Inggris di Prancis dan kendali atas tahta Prancis.

Penguasa Inggris dan Prancis selama berabad-abad memiliki keterkaitan keluarga, sehingga klaim Inggris terhadap tahta Prancis tak jarang memiliki dasar kuat. Perang panjang ini berakhir dengan menyerahnya Inggris. Prancis, sang pemenang, merebut hampir semua wilayah Inggris di negeri itu.

2. Perang Yunani-Persia
Durasi                   : 50 tahun (499-449 SM)
Jumlah korban    : Tidak diketahui

Perang ini sebenarnya terbagi atas tiga konflik selama periode 50 tahun, yang kemudian oleh para sejarawan digabung menjadi satu perang besar. Perang ini terjadi antara koalisi negara-negara kota Yunani yang dipimpin Athena dan Sparta melawan kekaisaran Persia yang saat itu adalah negara terbesar dan terkuat di dunia.

Perang dimulai dengan serangkaian revolusi Yunani di beberapa wilayah yang ditaklukkan Persia beberapa dekade sebelumnya. Revolusi ini disusul serbuan dalam skala besar oleh Persia yang kemudian dibalas oleh pasukan Yunani. 

Setelah berbagai pertempuran selama 50 tahun, Yunani menjadi pemenang dengan keberhasilan menangkal serangan Persia dan merebut sejumlah wilayahnya yang diduduki Persia.

3. Perang Saudara Guatemala
Durasi                   : 36 tahun (1960-1996)
Jumlah korban    : Diperkirakan 200.000 orang.

Pada 1954 kolonel angkatan darat berhaluan kanan Carlos Castillo Armas sukses menggulingkan pemerintahan kiri Guatemala yang terpilih secara demokratis. Kudeta Kolonel Armas itu sebenarnya dirancang dan didanai pemerintah AS lewat kemenlu dan dinas rahasia CIA.

Pada 1960, sekelompok perwira militer berhaluan kiri memimpin sebuah kudeta tetapi gagal menggulingkan pemerintah. Hasil dari pemberontakan gagal itu adalah perang saudara 36 tahun antara tentara Guatemala dengan berbagai faksi pemberontak kiri. Perang saudara baru berakhir setelah kesepakatan damai diteken kedua pihak pada 1996

4. Perang Aceh
Durasi                    : 31 tahun (1873-1904)
Jumlah korban     : Diperkirakan 90.000 orang

Perang ini merupakan hasil dari upaya Belanda menguasai seluruh Hindia Belanda atau kini dikenal dengan nama Indonesia. Pada 1873, militer Belanda menyerang Kesultanan Aceh, sebuah negeri merdeka di ujung utara Sumatera.
halaman ke-1 dari 6
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top