China Sebut AS Catut Prabowo soal Pernyataan Pedas Laut China Selatan

Senin, 28 Agustus 2023 - 08:25 WIB
loading...
China Sebut AS Catut Prabowo soal Pernyataan Pedas Laut China Selatan
Pemerintah China menilai AS telah mencatut nama Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto soal pernyataan bersama yang memprotes klaim Beijing atas Laut China Selatan. Foto/Kementerian Pertahanan Indonesia
A A A
JAKARTA - Pemerintah China menilai Amerika Serikat (AS) telah mencatut nama Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto soal pernyataan bersama yang memprotes klaim Beijing atas Laut China Selatan.

Kedutaan Besar China di Jakarta menjawab pertanyaan media mengenai konten terkait Laut China Selatan dalam Pernyataan Pers Bersama Kementerian Pertahanan Amerika Serikat dan Kementerian Pertahanan Indonesia, yang dirilis oleh Departemen Pertahanan AS pada 24 Agustus.

"Menurut situs resmi Departemen Pertahanan AS, pernyataan pers bersama dikeluarkan setelah Menteri Pertahanan AS (Lloyd Austin) dan Menteri Pertahanan Indonesia (Prabowo Subianto) bertemu di AS pada tanggal 24 Agustus," kata Kedutaan China melalui juru bicaranya.

Kedutaan tersebut ditanya; "Mereka memiliki pandangan yang sama bahwa klaim maritim Republik Rakyat China (RRC) yang luas di Laut China Selatan tidak sejalan dengan hukum internasional sebagaimana tercermin dalam Konvensi PBB tentang Hukum Laut. Apa komentar Kedutaan Besar China?"



"Kami mencatat pernyataan yang dikeluarkan oleh Departemen Pertahanan AS. Namun, kami diberitahu oleh pihak Indonesia bahwa apa yang digambarkan oleh pihak AS tidaklah benar. Faktanya, tidak ada konten seperti itu yang dapat ditemukan dalam siaran pers pihak Indonesia pada pertemuan yang sama," kata Kedutaan China.

Menurut kedutaan tersebut, China, Indonesia dan negara-negara regional lainnya memiliki aspirasi dan kepentingan yang sama untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan dan bekerja sama untuk pembangunan.

"Negara-negara di luar kawasan ini harus menghormatinya. Kami menentang upaya negara tertentu untuk menabur perselisihan dan menimbulkan masalah dengan mengabaikan kesejahteraan masyarakat di wilayah ini," imbuh Kedutaan China, dikutip dari laman resminya, Senin (28/8/2023).


Inilah Pernyataan Bersama Prabowo dan Bos Pentagon Versi AS


Menurut rilis di laman Departemen Pertahanan AS, berikut Pernyataan Pers Bersama Kementerian Pertahanan Amerika Serikat dan Kementerian Pertahanan Indonesia:

Hari ini, Menteri Austin dan Menteri Prabowo menegaskan kembali kekuatan pilar pertahanan Kemitraan Strategis kita yang abadi.
Bersama-sama, mereka memutuskan untuk melestarikan hukum dan norma internasional, meningkatkan kemampuan keamanan dan pertahanan bersama, dan tetap berpedoman pada prinsip-prinsip demokrasi bersama.

Mereka mempunyai tekad yang sama untuk lebih memperkuat hubungan kita, memastikan bahwa hubungan tersebut kuat dan mampu meraih peluang masa depan dan mengatasi tantangan yang muncul dalam iklim geopolitik yang semakin kompleks.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)