Investasi Saudi ke Indonesia Perkuat Nawacita

Senin, 27 Februari 2017 - 17:09 WIB
Investasi Saudi ke Indonesia Perkuat Nawacita
Investasi Saudi ke Indonesia Perkuat Nawacita
A A A
JAKARTA - Kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud ke Indonesia, diharapkan bisa meningkatkan investasi langsung negara itu di tanah air. Pasalnya, investasi langsung Arab Saudi di Indonesia saat ini masih sangat minim.

Anggota Komisi XI DPR M Misbakhun mengatakan, banyak sektor ekonomi yang dapat menjadi lahan bagi investasi langsung Arab Saudi, yaitu sektor hulu-hilir minyak dan gas bumi, pariwisata, infrastruktur, sektor keuangan dan properti.

Kata dia, sektor ekonomi tersebut sejalan dengan visi Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin memprioritaskan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Maka itu, kebutuhan investasi asing dalam jumlah besar dari Arab Saudi sangat diperlukan karena keterbatasan dana dalam negeri.

"Kalau sektor-sektor yang saya sebutkan tadi dimasuki oleh investasi dengan jumlah besar dari Saudi Arabia, pasti akan mempunyai dampak yang signifikan dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi nasional kita," kata Misbakhun di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/2/2017).

Terkait dengan Project Expose (penawaran proyek) Grass Root Refinery (GRR) Bontang yang dilakukan pada 28 Februari 2017 besok di satu sisi Pertamina sedang mencari mitra strategis untuk pembangunan GRR Bontang.

Dan di waktu berbarengan, terkait dengan kedatangan Raja Salman, menurutnya, bisa saja itu menjadi salah satu project yang ditawarkan ke Arab Saudi untuk dijadikan sebagai salah satu bentuk investasi mereka di Indonesia.

"Ini mengingat Saudi Arabia memang mempunyai investasi khusus di bidang perminyakan dan bermitra dengan Pertamina," pungkas politikus Partai Golkar ini.

Diketahui, pada 1-9 Maret, Raja Salman bakal berkunjung ke Indonesia. Pada Rabu 1 Maret 2017, Raja Salman bakal melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, dan Kamis 2 Maret 2017 akan berkunjung ke Gedung DPR, Senayan, Jakarta.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5950 seconds (0.1#10.140)