Pemerintah Siapkan Fasos dan Fasum Relokasi Korban Banjir

Senin, 27 Februari 2017 - 12:12 WIB
Pemerintah Siapkan Fasos dan Fasum Relokasi Korban Banjir
Pemerintah Siapkan Fasos dan Fasum Relokasi Korban Banjir
A A A
JAKARTA - Pemerintah memantau langsung para korban banjir di berbagai daerah. Salah satunya korban banjir di Desa Lawang Kajang, Kecamatan Timpah dan Desa Kaburan, Kecamatan Pasak Talawang, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, sudah 556 korban bajir di daerah tersebut berhasil direlokasi. Selanjutnya, kata dia pemerintah akan menyiapkan fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum).

"Anak-anak di sini harus dekat dengan layanan pendidikan dan kesehatan," ujar Khofifah dalam bentuk siaran pers, Senin (27/2/2017).

Menurutnya relokasi warga dari daerah terdampak banjir tidak bisa ditawar lagi. Langkah ini perlu ditempuh untuk menyelamatkan dan melindungi warga dari bencana.

"Saya bersyukur sekali warga dengan suka rela mau dipindahkan ke tempat yang baru," ucapnya. (Baca: Cara Mensos Tangani Bencana Banjir)

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos, Harry Hikmat mengungapkan upaya relokasi warga telah dilakukan mulai 2015 hingga 2016. Dia menyebutkan pada 2015 telah direlokasi sebanyak 185 kepala keluarga dari Desa Lawang Kajang, Kecamatan Timpah.

"Tahun berikutnya, telah direlokasi tambahan sebanyak 371 kepala keluarga dari Desa Lawang Kajang, Kecamatan Timpah dan Desa Kaburan, Kecamatan Pasak Talawang," ucap Harry.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2524 seconds (0.1#10.140)