25 Kampus Jurusan Arsitektur Favorit di Indonesia, Wujudkan Impian Jadi Arsitek Top

Selasa, 29 Agustus 2023 - 08:53 WIB
loading...
25 Kampus Jurusan Arsitektur Favorit di Indonesia, Wujudkan Impian Jadi Arsitek Top
Salah satu kampus negeri dengan jurusan Arsitektur terbaik adalah ITB. Program Studi Arsitektur ITB menjadi salah satu sekolah Arsitektur tertua di Indonesia dan Asia Tenggara. Foto/laman ITB
A A A
JAKARTA - Ini daftar 25 kampus dengan jurusan Arsitektur favorit di Indonesia. Apakah kamu bercita-cita jadi seorang arsitek atau memiliki keinginan untuk membuat sebuah bangunan mengagumkan nan estetik? Jika jawabannya iya, kuliah di jurusan Arsitektur adalah salah satu jalannya.

Saat ini ada banyak kampus yang menawarkan jurusan Arsitektur. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi mencatat beberapa bahkan direkomendasikan alias terbaik dan telah mengantongi akreditasi A. Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan mengulas daftar 25 kampus dengan jurusan Arsitektur terbaik di Indonesia yang bisa menjadi bahan referensimu.

Perguruan Tinggi Negeri dengan Jurusan Arsitektur Terbaik

1.Institut Teknologi Bandung (ITB)


Institut Teknologi Bandung sudah berdiri sejak tahun 1950. Bisa dikatakan bahwa Program Studi Arsitektur ITB menjadi salah satu sekolah arsitektur paling tua di Indonesia dan Asia Tenggara. Awalnya, Program Studi Arsitektur di ITB menjadi bagian dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Akan tetapi, sejak tahun 2005, jurusan ini berpindah ke bawah naungan Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK). Program Studi Arsitektur ITB ini juga sudah mengantongi akreditasi internasional

2.Universitas Indonesia (UI)


UI didirikan pada tahun 1947. Perlu kamu ketahui bahwa universitas Indonesia kebanggaan negeri ini sudah menduduki peringkat ke 909 terbaik di dunia sekarang. Luar biasa bukan. Untuk perkiraan biaya kuliah jurusan Arsitektur terbaik di UI sekitar Rp65.000.000. Tentunya sangat cocok dengan kelengkapan fasilitas yang ada serta pembimbing profesional yang dimiliki oleh Universitas Indonesia.

3.Universitas Gadjah Mada (UGM)


Bisa dibilang jurusan arsitektur menjadi salah satu jurusan unggulan di Universitas Gadjah Mada. Saat baru pertama didirikan pada tahun 1962, Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan UGM hanya menyediakan satu Program Studi untuk jenjang S1.

Akan tetapi pada tahun 2009, ia telah memiliki delapan Program Studi untuk jenjang S1, S2, dan S3. Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan UGM berada di bawah naungan Fakultas Teknik.

4.Universitas Diponegoro (Undip)


Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1962, jurusan arsitektur Undip berada di bawah naungan Fakultas Teknik. Ada dua metode pembelajaran yang diterapkan di sini. Yaitu Problem/Project Based learning (PBL) dan Student Centered Learning (SCL).

Jurusan arsitektur Undip juga pernah beberapa kali melakukan kerja sama dengan instansi dalam dan luar negeri. Salah satunya adalah organisasi Uzo Nishiyama Memorial Library berupa kegiatan Architecture Summerschool. Untuk kamu yang ingin mencoba kuliah di luar kota, maka Undip bisa menjadi salah satu pilihan kamu.

5.Universitas Sebelas Maret (UNS)


Universitas Sebelas Maret berlokasi di Surakarta, Jawa Tengah. Program Studi Arsitektur milik Universitas Sebelas Maret mulai dibuka sejak tahun 1979 dan mampu menjadi jurusan unggulan di universitas ini. Tidak heran jurusan ini mempunyai cukup banyak peminat setiap tahunnya. Jurusan arsitektur UNS juga menjadi salah satu yang terfavorit


6.Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Jurusan arsitektur di Institut Teknologi Sepuluh Nopember berada dibawah naungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Kampus ini didirikan pada tanggal 15 September 1965 karena saat itu hanya ada satu kampus dengan jurusan arsitektur, yakni ITB.

Padahal sudah berlalu 20 tahun sejak Indonesia merdeka dan banyak tenaga arsitek yang sangat dibutuhkan untuk pembangunan negara. Jurusan arsitektur ITS telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Kampus ITS juga bisa menjadi salah satu opsi kamu.

7.Universitas Brawijaya (UB)


Bukan rahasia lagi jika Universitas Brawijaya menjadi salah satu universitas dengan jurusan arsitektur terbaik di Indonesia. Ketika pertama kali melangsungkan perkuliahan pada tahun 1983, jurusan arsitektur UB masih berstatus sebagai Program Studi yang berada di bawah naungan Jurusan Teknik Sipil.

Kemudian pada tahun 1994, status tersebut berganti menjadi jurusan arsitektur yang termasuk dalam Fakultas Teknik UB. Sama seperti ITS, Fakultas Teknik UB juga telah mengantongi akreditasi dengan nilai A dari BAN PT. Kamu juga bisa mempertimbangkan Universitas Brawijaya sebagai kampus tujuan kamu.

8.Universitas Udayana (Unud)

Saat ini Unud menempati rangking ke 2.858 di seluruh dunia. Biaya kuliah di Unud sekitar Rp25 juta untuk keseluruhan. Fakultas yang menjadi markas bagi mahasiswa jurusan Arsitektur ini sudah berdiri sejak tahun 1965.

Sejak tahun itu, banyak lulusan yang bekerja di skala lokal dan nasional. Jadi apabila kamu tertarik untuk mengambil jurusan arsitektur maka tidak ada salahnya memilih Unud sebagai kampus pilihan untuk kamu menuntut ilmu.

9.Universitas Sam Ratulangi


Universitas asal Sulut ini juga cukup berprestasi akhir-akhir ini. USR didirikan tahun 1965 dan saat ini menduduki peringkat ke 4.859 di seluruh dunia. Biaya kuliahnya sekitar Rp38 juta-an untuk keseluruhan. Mungkin ini rahasia kenapa sekarang pembangunan di Sulut cukup maju. Diyakini salah satunya karena kontribusi orang-orang kreatif, salah satunya berkat kontribusi mahasiswa lulusan jurusan Arsitektur yang membuat sebuah wilayah bisa maju dengan pesat.

10.Universitas Sumatera Utara (USU)


Universitas Sumatera Utara bisa dibilang memiliki daya tarik tersendiri karena menerapkan seleksi super ketat untuk calon mahasiswanya. Universitas negeri ini sudah didirikan sejak tahun 1952. Saat ini USU sudah menempati rangking ke 2.975 untuk kategori universitas terbaik di dunia. Hal itulah menjadi salah satu alasan mengapa lulusan Arsitektur dari USU memiliki prospek kerja yang diperhitungkan.

Untuk biaya kuliah arsitektur di USU diperkirakan berkisar Rp40.000.000. Rincian SPP minimal Rp1,5 juta hingga Rp6,5 juta dan biaya rata-rata tahunan sebesar Rp8 juta. Biaya tersebut cukup setara dengan kesempatan kerja yang begitu tinggi sekarang.

11.Universitas Hasanuddin (Unhas)


Unhas saat ini sudah mendiami rangking ke 2.558 sebagai PTN terbaik sedunia. Walaupun biaya kuliah Arsitektur tiap tahunnya bertambah, tapi secara keseluruhan biayanya sangat minim dan terjangkau. Rata-rata sekitar Rp22.000.000 saja.

Salah satu alasan mengapa Unhas masuk sebagai salah satu kampus dengan jurusan arsitektur terbaik di Indonesia karena Unhas sudah banyak melahirkan mahasiswa berprestasi. Salah satunya bernama Yunita Ekasari Bahrun. Secara heroik, Yunita diketahui pernah meninggalkan pekerjaannya di PT Inco Tbk yang bergerak di pertambangan nikel, demi kemajuan Arsitektur di Makassar.

Perguruan Tinggi Swasta dengan Jurusan Arsitektur Terbaik

1.Universitas Atma Jaya Yogyakarta


Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah salah satu universitas unggulan di Yogyakarta selain UGM. UAJY juga menawarkan jurusan Arsitektur dengan kualitas unggulan yang telah dibuktikan dengan mendapat akreditasi A dari BAN-PT.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)