Rayakan HUT RI yang Ke-78, ASDP Hadirkan Pesta Kemerdekaan di Kawasan Bakauheni Harbour City

Selasa, 22 Agustus 2023 - 19:30 WIB
loading...
Rayakan HUT RI yang Ke-78, ASDP Hadirkan Pesta Kemerdekaan di Kawasan Bakauheni Harbour City
Rayakan HUT RI yang ke-78. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan menggelar Pesta Kemerdekaan pada Kamis (24/8) hingga Sabtu (26/8) di Kawasan Bakauheni Harbour City. (Foto: dok ASDP)
A A A
BAKAUHENI - Dalam rangka memeriahkan kemerdekaan HUT RI yang ke-78. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan menggelar Pesta Kemerdekaan pada Kamis (24/8) hingga Sabtu (26/8) yang belokasi di Kawasan Bakauheni Harbour City (BHC). Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin menyampaikan bahwa sejak awal pembangunannya, Kawasan BHC telah menarik minat masyarakat dan wisatawan untuk menikmati destinasi wisata dengan panorama laut yang sangat indah di Bakauheni, Lampung.

Melihat antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat mengenai BHC, ASDP kembali menghadirkan acara Pesta Kemerdekaan untuk memeriahkan HUT ke-78 RI. Adapun rangkaian kegiatan dan lomba yang digelar mulai dari Tilawatil Quran pada 24 Agustus 2023 yang diselenggarakan di Mesjid BSI sejak pukul 08.00 WIB.

Selanjutnya akan diadakan Lomba Kemerdekaan pada 25 Agustus 2023 di Selasar Siger mulai pukul 08.00 WIB. Puncak acara pada 26 Agustus 2023 yang juga dilengkapi dengan lomba panjat pinang dan penampilan live music yang akan digelar mulai pukul 15.30 WIB. “Acara ini terbuka untuk seluruh masyarakat. Kami mengundang seluruh masyarakat, untuk ramai-ramai membawa anggota keluarga, untuk hadir dan meramaikan pesta kemerdekaan di Kawasan BHC ini,” ucap Shelvy.

Pelaksanaan kegiatan tersebut tentunya turut mendukung peningkatan perekonomian masyarakat sekitar karena melibatkan UMKM setempat. Melalui BHC, ASDP turut mendukung kemajuan ekonomi nasional. Saat ini, terdapat tiga fasilitas di Kawasan Bakauheni Harbour City (BHC) yang sudah beroperasi diantaranya, Krakatau Park, Masjid BSI, dan Selasar Siger.

ASDP terus berinovasi dan bertransformasi dengan menghadirkan berbagai fasilitas publik yang memadai di BHC guna memberikan layanan terbaik bagi para pengunjung. Fokus ke depannya, ASDP akan terus maksimalkan pembangunan fasilitas pendukung sehingga masyarakat dapat menikmati wisata waterfront secara utuh dan berkelanjutan. Adapun proses pembangunan fasilitas lain di BHC terus mengalami peningkatan. Beberapa bahkan sudah hampir mencapai 100 persen. “Proses pembangunan Siger Market Mandiri sudah mencapai 100 persen. Saat ini sedang dipersiapkan proses serah terima ke Pemerintah Provinsi Lampung,” tutur Shelvy.

Adapun sejumlah fasilitas di BHC yang masih dalam tahap konstruksi adalah Creative Hub BNI dengan progres pengerjaan sudah mencapai 75 persen, pembangunan jalan akses yang sudah mencapai 100 persen, dan skywalk serta pathwaymencapai 17 persen. Kawasan BHC mencakup dua area besar yakni Siger Park yang terdiri atas Menara Siger BRI, Masjid BSI, Selasar Siger BTN, Museum Siger, Creative Hub BNI, dan Amphiteater Siger Park. Area lainnya adalah Krakatau Park dengan berbagai macam wahana permainan dan edukasi.

Pengembangan tahap pertama BHC periode 2021-2024 mencakup Siger Park, jalan akses tahap 1, parkir, jalan akses tahap 2 dan pathway, skywalk, Krakatau Park, hotel, flyover, dan sumber air baku. Penyeberangan laut yang menghubungkan Pelabuhan Merak, Banten dan Pelabuhan Bakauheni tersebut menjadi lintasan tersibuk di Indonesia dengan jumlah penumpang tercatat mencapai 22 juta orang per tahun.

Data menyebutkan bahwa hingga Juli 2023, pengunjung Krakatau park mencapai 46.649 orang, dan terdapat 62.555 kendaraan yang berkunjung ke Siger Park dengan jumlah tertinggi pada bulan April 2023 saat periode libur Lebaran. Dengan ditunjang keberadaan Jalan Tol Trans-Sumatera, Kawasan Bakauheni Harbour City kini menjadi semacam hub pariwisata di Provinsi Lampung dan khususnya Kabupaten Lampung Selatan.
(dsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)