Spanyol Negara Ke-2 yang Sabet Trofi Piala Dunia Sepak Bola Pria-Wanita

Selasa, 22 Agustus 2023 - 23:59 WIB
loading...
Spanyol Negara Ke-2 yang Sabet Trofi Piala Dunia Sepak Bola Pria-Wanita
Spanyol Negara Ke-2 yang Sabet Trofi Piala Dunia Sepak Bola Pria-Wanita. Foto: Reuters
A A A
SYDNEY - Timnas Putri Spanyol meraih gelar juara Piala Dunia Wanita 2023 dalam prestasi yang mengesankan. Meskipun kalah dalam laga fase grup, Spanyol berhasil mengamankan kemenangan 1-0 atas Inggris dalam laga final yang digelar di Accor Stadium pada Minggu (20/8/2023). Gol penentu kemenangan dicetak oleh Olga Carmona pada menit 29.

Keberhasilan ini membuat Spanyol menjadi tim kedua yang berhasil meraih gelar juara Piala Dunia Wanita meski mengalami kekalahan dalam pertandingan penyisihan grup, setelah Jepang yang mencapai prestasi serupa pada tahun 2011.

Spanyol juga menjadi negara kedua di dunia yang mampu menyandingkan gelar juara dunia sepak bola putra dengan putri. Negara pertama yang mampu melakukannya tak lain Jerman.

Dua dekade silam, tepatnya pada 2003, tim sepak bola putri Jerman melakukan apa yang dibuat Seleccion Espanola Femenina de Futbol (SEFutbolFem) saat ini, merebut trofi Piala Dunia Wanita untuk kali pertama.

Lebih dulu Kalah di Fase Grup

Spanyol Negara Ke-2 yang Sabet Trofi Piala Dunia Sepak Bola Pria-Wanita

Meski pada fase grup Spanyol mengalami kekalahan telak 0-4 dari Jepang, mereka mampu bangkit dan menunjukkan performa yang luar biasa hingga mencapai babak final dan keluar sebagai juara.



Meskipun peluang Spanyol untuk meraih kemenangan lebih besar, pelatih Jorge Vilda merasa bangga dengan penampilan timnya. Ia mengungkapkan kebanggaannya atas kemampuan timnya untuk bangkit dari kekalahan.

"Sulit untuk melakukan apa yang kami lakukan, jadi saya sangat bangga dengan tim ini," ujar Jorge Vilda.

Jorge Vilda juga mengakui bahwa Spanyol telah mengalami perkembangan yang signifikan dan berhasil mengatasi rintangan untuk meraih gelar juara Piala Dunia Wanita 2023.

"Kami menunjukkan bahwa kami tahu cara bermain dan bagaimana menderita. Kami banyak berkembang dan sekarang kami adalah juara dunia," tambahnya.

Dengan gelar ini, Spanyol mendapatkan gelar perdana mereka dalam sejarah Piala Dunia Wanita. Prestasi ini membuat Spanyol sejajar dengan Jepang dan Norwegia yang juga telah meraih satu gelar juara Piala Dunia Wanita sebelumnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)