Ikhtiar Mimpi Ketemu Nabi Muhammad SAW dengan Membaca Surat Al-Muzammil

Senin, 21 Agustus 2023 - 19:36 WIB
loading...
Ikhtiar Mimpi Ketemu Nabi Muhammad SAW dengan Membaca Surat Al-Muzammil
Barangsiapa yang rajin membacanya maka dia  akan melihat Nabi SAW dalam tidurnya. Ilustrasi: Ist
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat Al-Muzammil , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa yang rajin membacanya maka dia akan melihat Nabi SAW dalam tidurnya.



Dalam kitab "Tafsirul Burhan" disebutkan bahwa Ah-Shidiq berkata, "Barangsiapa yang membacanya (Surat Al-Muzzammil) secara istikamah, maka ia dapat melihat Nabi (dalam mimpi) dan minta apa yang diinginkannya kepada beliau, maka Allah pun akan memberikan semua kebaikan yang diinginkannya. Barangsiapa yang membacanya di malam Jumat sebanyak seratus kali, maka Allah akan mengampuni seratus dosanya dan dicatat untuknya seratus kebaikan dengan sepuluh yang semisal dengannya, sebagaimana Firman Allah."

Dalam kitab yang sama juga dinyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Muzzammil), maka ia akan memperoleh pahala seperti pahala orang yang memerdekakan budak di jalan Allah, sejumlah jin dan setan dan Allah akan mengangkat kesulitannya di dunia dan akhirat. Dan barangsiapa yang membacanya secara istiqamah, ia dapat melihatku dalam mimpi, lalu ia dapat meminta apa yang diinginkan hatinya."



Sementara itu dalam kitab Tsawabul A'mal disebutkan bahwa Abi Abdullah berkata: "Barangsiapa yang membaca Surat Al-Muzzammil di waktu isya akhir, atau di akhir malam (menjelang subuh), maka malam dan siang akan besaksi (kebaikan) untuknya bersama Surat Al-Muzzammil. Allah akan memberinya kehidupan yang baik dan akan mematikannya dengan kematian yang baik pula."

Al-Muzzammil sendiri artinya adalah "orang yang berselimut" atau "orang yang sedang menggunakan/memakai selimut". Surat yang terdiri atas 20 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-Qalam.

Ia diberi nama Surat Al-Muzzammil, karena merujuk pada lafaz al-muzzammil yang terdapat pada ayat pertama. Adapun yang dimaksud dengan orang yang berselimut dalam surat ini adalah Nabi Muhammad SAW.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)